VIDEO: Kisah Sadiq, PMI yang Berharap Bisa Rayakan Idul Fitri dengan Keluarga

Saat ini, ia tak berharap banyak, ia hanya ingin bisa merayakan hari Raya Idul fitri bersama keluarganya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Andi Kusuma Irfandi, Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP2MI Kalbar menerangkan terdata hingga kini telah ada 1661 PMI dari berbagai daerah di Indonesia yang dipulangkan sejak Februari 2020.

Bahkan, masih ada 178 PMI asal luar Kalbar yang masih tertampung di Dinas Sosial Kalbar menanti jadwal kepulangan mereka yang belum pasti.

Kadis Sosial Kalbar Yuline Marheni menyampaikan bahwa 178 PMI ini di tampung di 3 tempat berbeda yakni di Selter Dinas Sosial Kalbar, BLKI, dan Balai Kopersi sembari menunggu jadwal kapal untuk kepulangan para PMI ini ke daerah asal.

Terdampak Covid-19, Ratusan Pekerja Migran yang Dideportasi dari Malaysia Tertahan di Kalbar

Ia menyampaikan, masih tertampungnya ratusan PMI dari berbagai wilayah Indonesia di Kalbar disebabkan ditutupnya askes transportasi laut dan udara oleh Kementrian perhubungan dalam upaya penanggulangan Covid-19 sejak beberapa waktu lalu.

Yuline memastikan bahwa sebelum dipulangkan, para PMI sudah menjalani pemeriksaan kesehatan khususnya pemeriksaan Covid-19.

“Mereka itu pada saat dipulangkan dilakukan dirapid test terlebih dahulu, dan kemarin sudah dilakukan Rapid test hasilnya negatif, saat ini mereka masih menunggu jadwal kapal untuk kepulangan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Sadiq Satu di antara PMI yang berada di Selter Dinas Sosial Kalbar mengungkapkan bahwa dirinya berada di Selter sejak Senin (11/5/2020).

Akibat pandemi Covid-19 yang belum hilang, hingga kini ia masih belum mendapat kepastian kapan dirinya bersama teman-temannya akan dapat pulang ke daerah asal.

Kepada Tribun, Sadiq yang berasal dari Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengungkapkan bahwa merasa sangat rindu dengan istri dan anak laki-lakinya yang berusia 12 tahun, karena sudah lebih dari 1 tahun tak pernah bertemu.

Saat ini, ia tak berharap banyak, ia hanya ingin bisa merayakan hari Raya Idul fitri bersama keluarganya.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved