KETAKUTAN yang Menyelamatkan, Vietnam Kini Paling Sukses Tangani Virus Corona Covid-19 | 0 Kematian

sebelum ada kasus terkonfirmasi, pemerintah Vietnam telah memulai tindakan untuk mempersiapkan pneunomia jenis baru yang misterius ini

AFP
KETAKUTAN yang Menyelamatkan, Vietnam Kini Paling Sukses Tangani Virus Corona Covid-19 | 0 Kematian / ILUSTRASI SATU DI ANTARA SUDUT WILAYAH DI VIETNAM 

TRIBUNPONTIANAK - Vietnam kini berhasil menjadi satu di antara negara paling sukses dalam menangani pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru, Coronavirus SARS-CoV-2

Ternyata, ada alasan kuat yang menjadi titik pijak keberhasilan Vietnam dalam menangani virus mematikan asal Wuhan China itu. 

Vietnam yang mempunyai jumlah penduduk mencapai 97 juta jiwa, hanya melaporkan ratusan kasus positif virus corona yang terjadi di negaranya.

Bahkan, negara ini mencatatkan bahwa tidak ada kasus kematian yang terjadi. 

Update Corona 16 Mei 2020: 4,6 Juta Positif Covid-19, Arab Saudi Catatkan Ribuan Kasus Baru

Hampir sebulan berlalu sejak transmisi komunitas terakhir, negara mulai melonggarkan aturan-aturan yang diterapkan.

Para ahli mengatakan bahwa tidak seperti negara lain yang mengalami infeksi dan kematian dalam skala besar, Vietnam telah bertindak sejak dini.

Meskipun hemat biaya, pendekatan yang intensif memiliki kekurangan, dan para ahli mengatakan mungkin telah terlambat bagi sebagian besar negara lain untuk belajar dari keberhasilan negara tersebut.

Tindakan ekstrem tapi masuk akal

Dr Todd Pollad dari Harvard's Partnership for Health Advancemnet di Hanoi mengatakan, dalam menghadapi virus yang saat ini terjadi, memang lebih baik bereaksi secara berlebihan.

"Ketika berurusan dengan novel-novel (virus) semacam ini yang berpotensi menimbulkan patogen berbahaya, lebih baik bereaksi berlebihan," kata dia seperti dilansir dari BBC, 15 Mei 2020.

Menyadari sistem medis akan kewalahan oleh penyebaran virus yang ringan, Vietnam memilih pencegahan dini dalam skala besar.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved