Breaking News:

Ridwansyah: Peniadaan Salat Idul Fitri Secara Berjamaah Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama

Memang sejak awal kita menyampaikan bahwa pelaksanaan salat ied tidak akan dilaksanakan secara berjamah di lapangan

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
TRIBUN/ISTIMEWA
Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov Kalbar- H Ridwansyah 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalbar, Ridwansyah menjelaskan berkaitan dengan pelaksanan Salat ied tidak akan digelar secara berjamaah baik di masjid maupun dilapangan.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah ramadan dan idul fitri 1 syawal 1441 H.

Didalam Surat Edaran tersebut pada pada Poin E nomor 8 berisi pelaksanaan Salat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah, baik di masjid maupun di lapangan ditiadakan, untuk itu diharapkan terbitnya Fatwa MUI menjelang waktunya.

"Memang sejak awal kita menyampaikan bahwa pelaksanaan salat ied tidak akan dilaksanakan secara berjamah di lapangan," ujar Ridwansyah.

Perbolehkan Shalat Idul Fitri di Lapangan, Berikut Penyampaian Ketua MUI Kalbar

Ia menjelaskan di dalam fatwa tersebut pihaknya akan menunggu fatwa dari MUI. Kendati demikian, karena MUI sudah mengeluarkan fatwa tentang tata cara pelaksanan Salat Ied dari rumah, pihaknya masih akan menunggu arahan lebih lanjut dari Kementerian RI.

"Kita masih koordinasikan ke pusat mungkin nanti akan kita buat juga surat imbauan," ujarnya.

Saat disinggung soal kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Pemkot Pontianak tentang peniadaan salat ied, Ridwansyah menilai hal tersebut sejalan dengan SE dari Kementerian Agama.

"Karena itu semua merupakan kebijakan dari gugus tugas yang menilai situasi daerahnya masing-masing. Saya pikir kebijakan itu juga sejalan dengan Edaran Kemenag," pungkas Ridwansyah.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved