Pilkada 2020 Direncanakan Digelar Desember Ini, JaDi Kalbar Harap Ditunda Kembali

Menurut Umi, jika dalam Perppu yang baru dikeluarkan Presiden sendiri mengatur jika pilkada yang direncanakan pada desember ini kembali ditunda.

TRIBUN PONTIANAK / RIDHO PANJI PRADANA
Presedium JaDI Kalbar, Umi Rifdiawaty 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar, Umi Rifdiawaty menilai mestinya pelaksanaan pilkada 2020 yang direncanakan Desember agar ditunda kembali.

Hal ini menyusul pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya di Indonesia dan Kalbar pad umumnya.

Namun, menurut mantan komisioner KPU Kalbar ini, jika memang masih dilaksanakan dalam melaksanakan Pemilihan di tengah pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan masa berakhirnya.

Polsek Sekadau Hilir Serahkan Bantuan dari Bhayangkari Kepada Tim Medis

Maka penyelenggara harus mempertimbangkan secara cermat dan detail aspek kesehatan dan keselamatan semua pihak yaitu pemilih, peserta pemilihan termasuk penyelenggara.

"Karena di tengah upaya memutus rantai penyebaran covid-19, langkah-langkah menjaga jarak sosial dan jarak pribadi menjadi upaya yang utama mengingat belum ditemukannya secara presisi vaksin penawar virus ini," ujar Umi, Kamis (14/05/2020).

Terlebih, menurut Umi, jika dalam Perppu yang baru dikeluarkan Presiden sendiri mengatur jika pilkada yang direncanakan pada desember ini kembali ditunda.

"Bahkan jika dianggap perlu bisa saja pelaksanaan pemungutan suara pada bulan Desember 2020 sebagaimana diatur dalam Perppu 02 tahun 2020 dipertimbangkan untuk diusulkan penundaan kembali dengan pertimbangan bahwa kesehatan dan keselamatan semua pihak menjadi prioritas utama ditengah ketidakpastian masa berakhirnya pandemi covid-19," ujarnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved