BPK Sebut 7 Nama Bank terkait Pengawasan OJK, Agung: Kami Boleh Mempublikasikan

Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna menjelaskan bahwa lembaganya memiliki kewenangan untuk mempublikasikan nama-nama bank tersebut

Thinkstockphotos.com
Ilustrasi bank. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebut nama-nama bank terkait pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna menjelaskan bahwa lembaganya memiliki kewenangan untuk mempublikasikan nama-nama bank tersebut.

“Pemeriksaan terhadap OJK tidak membatasi kami untuk menyampaikan hal tersebut kepada publik,” katanya dalam paparan daring dilansir Kontan.co.id, Senin (11/5/2020).

Asal tahu, dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHSP) II-2019, BPK menilai pengawasan bank terhadap tujuh bank tak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

WASPADA Modus Baru Pembobolan Rekening Bank di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Tips dari Mandiri

Ini yang kemudian membuat tersangkut sejumlah masalah mulai dari pelanggaran batas minimum pemberian kredit (BMPK), kecukupan modal, kelaikan direktur, hingga sejumlah penyelewengan pemberian kredit.

Adapun ketujuh bank tersebut adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB), PT Bank Mayapada Tbk (MAYA), PT Bank Pembangunan Daerah Papua, PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS), dan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

“Kami boleh mempublikasikan nama-namanya, karena ini jadi bukti bahwa yang kami periksa adalah entitas yang jelas, yang kami soroti adalah proses pengawasannya,” sambung Agung.

Meski demikian, Agung mengaku dari ketujuh bank tersebut sudah ada sebagian bank yang telah menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut. 

Laba Bank-bank Jumbo di Indonesia Mulai Tergerus Terdampak Covid-19

Sisanya, OJK diminta BPK untuk segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut, sekaligus meningkatkan kinerja pengawasannya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan pengungkapan nama-nama bank tersebut dapat membawa persepsi yang keliru dikaitkan dengan tingkat kesehatan individual bank.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pengawasan ke tujuh bank ini disorot BPK, OJK diminta tindaklanjuti

Editor: Haryanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved