Ahli Psikologi Ungkap Tiga Aspek Kesejahteraan Psikologi Paling Penting Dalam Melawan Covid-19

Sejumlah kebijakan dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebarannya.

Getty Images
KABAR BAHAGIA, Indonesia Luncurkan Antivirus Corona, Uji Pada Pasien Covid-19 Hasilnya Luar Biasa 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kasus covid-19 di Indonesia hingga saat ini masih terus bertambah hingga mencapai angka 14 ribuan lebih.

Pemerintah pun melakukan sejumlah kebijakan dalam upaya memutus mata rantai penyebarannya.

Berbagai upaya pun dilakukan dari kehidupan disiplin, cuci tangan, pakai masker dan pembatasan ruang gerak masyarakat atau dengan PSBB terus dilakukan.

Diungkapkan ahli psikologi politik bahwa selain upaya yang dilakukan diatas aspek psikologi sangat penting dalam melawan covid-19.

"Kondisi psikologi berada pada dasar bagi seseorang dalam menghadapi goncangan yang ditimbulkan oleh Covid-19," ujar Ahli Psikologi Politik Hamdi Muluk sebagaimana dikutip dari keterangan pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Minggu (10/5/2020).

Menurut dia, selama ini mungkin orang tidak memahami bahwa kesejahteraan itu tidak hanya secara ekonomi, fisik, tetapi juga kesejahteraan psikologi (phsycological well being).

Pemohon SIM di Polres Sanggau Kini Wajib Jalani Tes Psikologi

"Secara umum memang tiga jenis kesejahteraan ini saling berkaitan. Dalam hal ini kondisi fisik yang prima dengan asupan gizi seimbang dapat berdampak kepada kondisi psikologis yang kuat juga," ujar Hamdi.

"Kalau ekonomi kita tidak sejahtera maka bagaimana kita bisa makan. Fisik jika tidak sejahtera, maka berimbas juga pada psikologi,” kata dia. 

Hal tersebut berlaku juga sebaliknya, apabila seseorang mampu dalam segi ekonomi akan tetapi kondisi psikologis seseorang yang rapuh maka dapat memperlemah imunitas tubuh sehingga fisik menjadi rentan.

“Walaupun anda berkecukupan secara ekonomi, kalau batin resah terus, gelisah kalau anda ketakutan, anda menjadi stres, depresi, kondisi psikologi memburuk dan kondisi fisik memburuk dan nanti ujung-ujungnya dirawat dan ekonomi terpengaruh juga,” tutur Hamdi.

Halaman
12
Editor: Madrosid
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved