Pilkada di Laksanakan 9 Desember, Pengamat Dorong Penyelenggara Segera Petakan Potensi Masalah

tentu melibatkan ormas atau masyarakat yang peduli dan mempunyai integritas serta peduli demokrasi

IST / Yulius Yohanes
Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes . 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dengan dikeluarkannya Perppu nomor 2 tahun 2020 sebagai penganti UU No 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati/Wali Kota penyelenggara pilkada serentak dalam hal ini KPU dan Bawaslu tentu harus bekerja keras.

Kerja keras agar didalam upaya menyusun rencana dan stategi Pilkada serentak tidak mendapat kendala dalam merealisasikan tujuan yang ingin di capai dalam kondisi dan disituasi pandemi covid 19 yang melanda Bangsa Indonesia.  

"Tentu langkah yang harus di lakukan KPU dan Bawaslu memetakan wilayah yang rawan serta memetakan secara konferensif masalah-masalah serta resiko yang akan timbul, termasuk cara untuk mengantisipasi," kata Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes

Disamping itu juga perlu diperhatikan kondisi anggaran dalam mendukung upaya efektifitas pelaksanaaan pilkada.

Dengan kondisi pandemi covid 19 tentu memerlukan alat kelengkapan bagi petugas untuk menambah anggaran yang sebelumnya tidak di rencanakan misalnya alat untuk tempat cuci tangan serta perlengkapan lainnya serta APD untuk pakaian petugas. 

"KPU dan Bawaslu juga harus melakukan pengawasan berlapis, tentu melibatkan ormas atau masyarakat yang peduli dan mempunyai integritas serta peduli demokrasi," tambah Dr. Yulius Yohanes 

KPU Yang Akan Pilkada di Deadline Laporkan Penggunaan Anggaran April Ini

Bukan tidak mungkin dalam situasi pandemi covid 19 KPU dan Bawaslu akan kesulitan ketika peserta pilkada menggunakan momen ini untuk bagi sembako atau uang dengan alasan kemanusiaan. 

"Oleh karena itu, Pemerintah, KPU, Bawaslu dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada serentak 9 Desember 2020 mesti dapat membangun komunikasi dan sosialisasi yang baik dengan warga masyarakat," tambahnya.

Diantaranya ialah melakukan respon yang baik, keterbukaan dalam segala hal teknis di lapangan sampai membangun rasa tanggung jawab bersama untuk mensukseskan pilkada serentak 9 Desember 2020.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved