Sebagian Wilayah Indonesia Ini Terancam Kekeringan di 2020, BMKG Ungkap Puncak Kemarau 2020

Dalam rilis tersebut diungkap, ada sekitar 43 % wilayah zona musim (ZOM) yang akan mengalami keterlambatan awal musim kemarau.

NET/KOLASE TRIBUN PONTIANAK
Sebagian Wilayah Indonesia Terancam Kekeringan di 2020, BMKG Ungkap Puncak Kemarau 2020 / ILUSTRASI kekeringan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika alias BMKG membuat proyeksi dan perkiraan seputar musim kemarau 2020 ini. 

Dikutip dari laman resmi BMKG, analasis iklim yang dirilis BMKG mengungkapkan ada perbedaan musim kemarau pada 2019 dengan musim kemarau 2020 ini. 

Satu di antaranya yakni awal mula masuknya musim kemarau di Indonesia. 

Dalam rilis tersebut diungkap, ada sekitar 43 % wilayah zona musim (ZOM) yang akan mengalami keterlambatan awal musim kemarau. 

Cegah Karhutla Musim Kemarau, Ini Langkah Pemerintah Kapuas Hulu

Zona Musim (ZOM) sendiri adalah daerah yang pola hujan rata-ratanya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim kemarau dan periode musim hujan.

Selain itu, diungkapkan pula musim kemarau tahun 2020 secara umum diprediksi lebih basah dari musim kemarau tahun 2019 lalu.

Meskipun demikian, BMKG juga mengingatkan bahwa perlu diwaspadai ada 30% ZOM yang diprediksi akan mengalami kemarau lebih kering dari normalnya.

Dengan demikian, ada potensi yang cukup besar di wilayah-wilayah yang lebih kering dari normalnya tersebut. 

Terlebih di masa puncak Musim Kemarau di sebagian besar daerah zona musim yang diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus 2020 nanti. 

Peringatan Dini Cuaca BMKG Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Waspada Angin Kencang Singkat

"Datangnya musim kemarau berkait erat dengan peralihan Angin Baratan (Monsun Asia) menjadi Angin Timuran (Monsun Australia).

Halaman
123
Penulis: Ishak
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved