80 Situs 'Investasi' Pialang Ilegal Ini Kena Blokir, Termasuk Binomoidn.com | Bappebti Ungkap Alasan

Pemblokiran bertujuan agar situs tidak dapat diakses, sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa konten situs entitas ilegal tersebut melanggar regulasi.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/KONTAN.CO.ID
80 Situs 'Investasi' Pialang Ilegal Ini Kena Blokir, Termasuk Binomoidn.com | Bappebti Ungkap Alasan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pialang ilegal menjadi fokus bagi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baru-baru ini, Bappebti mengambil langkah tegas terhadap pialang-pialang tak berizin itu. 

Langkah tegas itu dengan cara memblokir 80 domain situs entitas tanpa izin usaha sebagai pialang berjangka dari Bappebti per Maret 2020.

Secara kumulatif, sampai dengan kuartal I-2020, Bappebti telah memblokir 103 domain situs. 

Emas Masih Berdiri Kokoh, Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Berinvestasi

“Meskipun saat ini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19, pengawasan dan pemantauan terhadap penawaran investasi di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) tidak boleh lemah," 

"Masyarakat harus tetap dilindungi dari kegiatan ilegal di bidang PBK yang berpotensi merugikan,” kata Kepala Bappebti Tjahya Widayanti dalam keterangan resmi, Sabtu (25/4/2020).

Tjahya menambahkan, sesuai arahan pemerintah untuk menghentikan sementara kegiatan perkantoran sebagai pencegahan penyebaran virus corona, aparatur sipil negara (ASN) yang kini bekerja dari rumah, tetap menjalankan tugas dan fungsinya.

Adapun beberapa tugas tersebut seperti melakukan pengamatan dan pengawasan terhadap pihak-pihak yang melakukan kegiatan di bidang PBK.

Termasuk memblokir domain situs entitas yang tidak memiliki izin dari Bappebti.

Awasi Investasi BPJAMSOSTEK, KPK Tidak Temukan Kerugian

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, M. Syist menyatakan, dengan perkembangan teknologi saat ini, pengawasan dan pemantauan aktivitas entitas ilegal di bidang PBK dapat dilakukan di mana saja.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved