Ramadhan 2020

BREAKING NEWS - Besok Puasa, Kemenag Tetapkan Jumat 24 April Awal Puasa 1 Ramadhan 1441 H

Menteri Agama Fachrul Razi memutuskan hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1441 Hijriyah ditetapkan mulai besok, Jumat (24/4/2020).

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
KompasTV
BREAKING NEWS - Besok Puasa, Kemenag Tetapkan Jumat 24 April Awal Puasa 1 Ramadhan 1441 H 

Penulis Rizky Zulham

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Menteri Agama Fachrul Razi mengumumkan hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa 1 Ramadhan 1441 Hijriyah ditetapkan mulai besok, Jumat (24/4/2020).

Keputusan tersebut setelah hilal awal 1 Ramadhan 1441 H terlihat di Indonesia.

"Saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa," ujar Menteri Agama Fachrul Razi, Kamis (23/4/2020)

Selain itu, Fachrul Razi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas mudik di tengah wabah COvid-19.

"Untuk menjaga kesehatan, saya menyaranakan saat sahur untuk mengomsumi makanan yang mengenyangkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Anggota tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, menyampaikan paparan mengenai posisi hilal 1 Ramadhan 1441 Hijriah.

Paparan itu ia sampaikan mengawali dalam rangkaian pelaksanaan sidang isbat yang digelar di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (23/4/2020).

Cecep mengatakan, berdasar hasil laporan, hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah telah teramati di wilayah Indonesia pada hari ini.

"Ada referensi bahwa hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah hari Kamis tanggal 23 April 2020 dapat teramati dari wilayah Indonesia," kata Cecep.

Menurut Cecep, ijtimak atau berakhirnya bulan dan munculnya bulan baru telah terjadi pada hari ini sekitar pukul 09.26 WIB.

"Hilal awal Ramadhan sudah cukup tua, umurnya sudah lebih delapan jam. Di Indonesia hilal berada pada posisi signifikan untuk dilihat," ujar dia.

Oleh karenanya Cecep menjelaskan, hilal awal Ramadhan 1441 Hijriah pada hari ini sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Kriteria yang dimaksud ialah tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan ke matahari minimal 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

Cecep menambahkan, penetapan atau isbat merupakan penggabungan antara konfirmasi hasil rukyat dengan informasi hasil hisab yang tertera dalam Taqwim Standar Indonesia tahun 2020.

Hadir dalam sidang isbat ini, Menteri Agama Fachrul Razi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Sidang juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring.

Namun, penetapan pasti awal 1 Ramadhan 1441 H masih harus menunggu keputusan Sidang Isbat yang akan akan diputuskan oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Kamis (23/4/2020) sebentar lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenag: Referensi Hilal Awal Ramadhan 1441 Hijriah Terlihat di Indonesia"

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved