Breaking News:

Pengamat Sarankan Hal Ini Jika Pilkada Tetap Dilaksanakan 9 Desember 2020

Sepanjang mekanisme dan sistem yang menyangkut pilkada serentak menggunakan teknologi digital

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Madrosid
IST / Yulius Yohanes
Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes . 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes mengatakan terkait rencana untuk melaksanakan pilkada serentak per-9 Desember 2020 meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 menjadi hal yang wajar dan sangat memungkinkan sekali.

Sepanjang mekanisme dan sistem yang menyangkut pilkada serentak menggunakan teknologi digital dengan tidak tatap muka langsung atau berkumpul secara berkelompok yang dapat menyesuaikan dengan regulasi penanganan yang tidak bertentangan dengan situasi pandemi covid 19.

Artinya dalam kondisi seperti ini KPU beserta Bawaslu dan unsur-unsur yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada serentak 9 Desember 2020 segera berbenah diri baik membangun komunikasi dan koordinasi.

Termasuk mempersiapkan langkah dan sebagainya stategi sampai kepada persiapan administrasi yang sudah dipastikan siap.

Bawaslu Pontianak Mulai Riset Evaluasi Pengawasan Pilkada Serentak

Yang penting pemerintah dalam mendukung penyelenggara Pilkada serentak secara finansial sudah siap artinya anggaran Pilkada serentak tidak terganggu akibat pandemik covid 19 yang melanda negara kita NKRI.

Disamping perlu di bangun trust atau kepercayaan kepada masyarakat bahwa penyelenggara KPU bisa menjamin pelaksanaan Pilkada serentak melalui digital berjalan dengan jurdil, dan sosialisasi pilkada serentak tersebut bisa dilakukan sejak sekarang sehingga persiapan penyelenggara pelaksanaan Pilkada serentak dan masyarakat sudah betul-betul paham dan siap.

Yang perlu diantisipasi ketika Pilkada serentak ini dilakukan pada masa pandemik Desember 2020 ini sarana dan prasarana digital harus betul-betul optimal artinya langkah-langkah antisipasi perlu di persiapkan sehingga Pilkada serentak Desember 2020 bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Tentu masyarakat dan penyelenggara pilkada serentak harus dapat membangun kerjasama yang baik untuk mendukung jalannya pilkada tersebut tentu untuk kepetingan bersama menuju upaya perubahan kondisi peningkatan kesejahtaan bangsa secara bersama dan berkesinambungan dalam keadilan sosial. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved