Belajar Situs Sejarah Warisan Dunia dari Indonesia via Kelas Online

Narasumber dalam mengisi kelas online sejarah tersebut diisi oleh Iwan Setiawan Bimas dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran

Penulis: Maudy Asri Gita Utami | Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Ilustrasi- Belajar dan mengenali situs sejarah warisan dunia yang ada di Indonesia 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK -  Masa pandemi covid-19 yang membuat kita di rumah saja, tapi tidak menutup kemungkinan untuk tetap belajar seperti  mengenal tentang situs sejarah warisan dunia yang ada di Indonesia. 

Sehubungan dengan kegiatan virtual yang sudah berlangsung dan dalam rangka memperingati Hari Warisan Dunia yang jatuh pada 18 April lalu, serta untuk ikut memaknai perayaan ini maka diselenggarakan beberapa kelas yang telah dibuka untuk umum, selama tanggal 18-22 April, yang berisi sesi pengenalan tentang Situs Warisan Dunia yang di Indonesia seperti Borobudur, Prambanan, Sangiran, Ombilin Sawahlunto dan Bali.

Narasumber dalam mengisi kelas online sejarah tersebut diisi oleh Iwan Setiawan Bimas dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Adapun kegiatan kelas ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 April 2020 lalu.

Pergizi Pangan Kalbar Buka Layanan Edukasi dan Konsultasi Secara Online

Dalam pembahasannya, Sangiran merupakan manusia purba hominid yang secara ilmiah masuk ke dalam klasifikasi Homo erectus.

Dalam taksonomi, Homo erectus adalah salah satu spesies dari genus Homo. Spesies lainnya yang tentu kita kenal adalah Homo sapiens.

Jika Homo erectus adalah Manusia Purba, maka Homo sapiens adalah Manusia Modern.

Dilihat dari masa hidupnya, Homo sapiens hidup lebih kemudian dibandingkan Homo erectus.

Kemunculan tertua Homo erectus berasal dari masa 1,8 juta tahun yang lalu di Afrika. Dan “menghilang” di bumi ini pada sekitar 150.000 tahun yang lalu.

Melihat ke belakang, ciri “kemanusiaan” telah muncul jauh sebelum masa Homo erectus , dengan ditemukannya fosil Australopithecus berusia 3,9 juta tahun silam.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved