Duta BPJS Pontianak Lakukan Gerakan Bantu Masyarakat Terkena Dampak Pandemi COVID-19

Bahan pokok yang terkumpul akan dibagikan kepada pedagang kaki lima dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari berjualan

IST
DUTA BPJS PONTIANAK LAKUKAN GERAKAN BANTU MASYARAKAT TERKENA DAMPAK PANDEMI COVID-19 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Melihat dari banyaknya masyarakat yang merasakan dampak implementasi physical distancing, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Adiwan Qodar mengajak seluruh duta BPJS Kesehatan Cabang Pontianak untuk mengumpulkan donasi yang akan dibuat menjadi bahan pokok.

Nantinya, bahan pokok yang terkumpul akan dibagikan kepada pedagang kaki lima dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari berjualan.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat yang terkena dampak dari pandemi yang tengah terjadi. Melalui Gerakan Bantu Masyarakat Terkena Dampak Corona (Gebast Corona) mudah-mudahan dapat meringankan beban saudara kita. Contohnya pedagang koran di pinggir jalan ini, jumlah pembeli yang lewat pasti berkurang sehingga membuat penghasilan mereka juga berkurang yang berimbas pada kemampuan memenuhi kebutuhan sehari-harinya," tutur Adiwan pada Jumat (03/04).

Kegiatan yang dilakukan oleh seluruh duta BPJS Kesehatan Pontianak ini dilaksanakan setelah melihat banyaknya aktifitas warga yang terhenti sementara akibat penyebaran virus corona yang semakin bertambah.

Apalagi ditambah dengan himbauan presiden yang melarang seluruh masyarakat untuk beraktifitas di luar terkecuali ada keperluan penting yang mendesak.

Selain membagikan bahan pokok kepada masyarakat, Adiwan juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga jarak antar sesama bahkan mengurangi aktivitas berjualan atau selalu menggunakan masker ketika terpaksa harus berjualan agar terhindar dari risiko penyebaran Virus Covid-19 ini.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjalankan protokol pencegahan virus corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, seperti jaga jarak aman apabila berada di luar rumah, menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan pabila tidak ada urusan penting, kami harap agar dirumah saja. Hal tersebut akan berdampak kepada memutus rantai penyebaran virus corona," tambah Adiwan.

Salah satu pedagang koran yang tengah berjualan, Apay (30) merasa bersyukur atas kepedulian seluruh duta BPJS Kesehaan Pontianak.

Dengan adanya bantuan yang diberikan, Apay merasa terbantu dan beban keluarga yang selama ini hanya berfokus kepada penjualan mulai berkurang.

“Bantuan ini tentu saja sangat membantu kami, apalagi dalam masa-masa sulit seperti saat ini. Pembeli yang melintasi jalanan pun menurun drastis dari pada sebelum muncul wabah corona, ini membuat penghasilan kami juga menurun. Terima kasih atas kepedulian seluruh duta BPJS Kesehatan Pontianak," tutur Apay.

Beberapa waktu lalu BPJS Kesehatan yang di koordinir oleh Kantor Pusat bersama IDI dan Harian Republika  juga melakukan kegiatan donasi yang bernama Gebah Corona (Gerakan Bantu Tenaga Kesehatan Cegah Corona).

Melalui kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan ikhtiar kecil seperti ini diharapkan dapat membantu seluruh masyarakat Indonesia berjuang melawan pandemi yang tengah terjadi saat ini. Mari bersama-sama kita cegah penyebaran virus covid-19 lebih luas selain membantu sesama kita juga harus membiasakan hidup lebih sehat, mengikuti protokol pencegahan penyebarannya yaitu dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun, makan-makanan yang bergizi dan teratur, tidur yang cukup 6-8 jam perhari, menggunakan masker, dan jangan lupa jaga jarak aman lebih dari 1 meter. (*/RV/yl).

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved