PDHI Kalbar Tegaskan Virus Corona Hewan dan Manusia Berbeda Tidak Bisa Saling Menularkan

Seperti virus corona pada anjing dengan gejalar menyerang saluran pencernaan dan pada kucing yang meyebabkan feline intratonitis.

Tribunpontianak.co.id/Anggita Putri
Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Kalimantan Barat (Kalbar) drh Nur Hidayatullah saat ditemui di kantornya, Senin (6/4/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Kalimantan Barat (Kalbar) drh Nur Hidayatullah menjelaskan bahwa corona virus yang menyerang anjing dan kucing tidak bisa menularkan pada manusia begitu juga sebaliknya manusia yang terkena covid-19 tidak menularkan kepada hewan.

Ia menjelaskan bahwa ada perbedaan jenis virus corona antara hewan dan manuasia.

Seperti virus corona pada anjing dengan gejalar menyerang saluran pencernaan dan pada kucing yang meyebabkan feline intratonitis.

“Jadi perutnya itu kembang isinya berupa cairan. Nah yang di satu lagi di manusia beta corona virus itu ada tiga merscovi, sars-cov 1 dan sars-cov 2. Jadi sars corona virus 2 inilah yang disebut Covid-19,” ujarnya, Senin (6/4).

Jadi pada kedua virus tersebut ada perbedaan jenis yakni virus corona di hewan adalah alfa corona, sedangkan di manusia beta corona.

Dokter Hewan Beberkan Anjing yang Mati Sebelumnya Sudah Divaksin

Ia mempertegas pada intinya jenis virus corona yang menyerang hewan tidak bisa menyerang manusia dan begitu pula sebaliknya. Meski demikian sampai saat ini hal itu masih diperdalam oleh para ahli.

Ia mengimbau agar Masyarakat tidak perlu risau dengan hewan peliharaannya, yang pasti harus rajin mencuci tangan.

“Kalaupun yang disebut bisa tertular ya mungkin dari manusia yang tertular Covid-19 kemudian bersin dropletnya itu ada di tubuh kucing atau anjing kemudian dipegang oleh manusia lain itu mungkin bisa tertular ,” terangnya.

Hal seperti itu disebut dengan media penularan. Sementara untuk penularan langsung dari manusia ke hewan atau sebaliknya dinyatakan belum ada.

“Jadi sekali lagi masyarakat jaga kebersihan, habis pegang hewan cuci tangan dengan sabun dan kandang-kandangnya harus rajin dibersihkan,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved