Virus Corona Masuk Kalbar

Komisi V DPRD Kalbar Dorong RS Pendidikan Untan Jadi Pusat Diagnostik Covid-19

Selama ini untuk mengkofirmasi tes PCR Covid-19 harus dilakukan di Jakarta, sehingga lambat dan membutuhkan biaya tinggi

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Edy R Yacoub
Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalimantan Barat Dr. Edy R Yacoub, M.Si. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Memasuki bulan ke-2 wabah Covid-19 di Indonesia, perlu akselerasi penanganan, sehingga masalah covid-19 ini bisa segera diselesaikan.

Selama ini untuk mengkofirmasi tes PCR Covid-19 harus dilakukan di Jakarta, sehingga lambat dan membutuhkan biaya tinggi.

"Saya mendorong RS Pendidikan Untan sebagai Pusat Diagnostik untuk Covid-19," kata Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalimantan Barat Dr.Edy R Yacoub,M.Si, Rabu (01/04/2020).

Universitas Tanjungpura, kata dia, bisa didukung melalui dana pusat dan daerah untuk mempercepat proses penetapan status pasien Covid-19 khususnya wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya.

BREAKING NEWS - Diduga Alami Gangguan Jiwa, Pria Paruh Baya di Kubu Raya Ini Nekat Bakar Rumah

"Sinergi pusat dan daerah yang dilakukan melalui realokasi anggaran, harus benar-benar tepat sasaran untuk meningkatkan kualitas layanan dan pusat penelitian di Kalimantan Barat," paparnya.

Mantan Wakil Wali Kota Singkawang ini menilai, jika dapat dilakukan realokasi dan refocussing dalam penanganan ini, maka akan lebih cepat dan menekan penyebaran virus ini.

Selain itu, lanjutnya, penting diberdayakan dan mobilisasi mahasiswa kedokteran dan mahasiswa kesehatan lainnya sebagai agen edukasi (edukator).

"Mereka dapat memberikan pendidikan kepada masyarakat secara virtual (online). Bentuknya dapat berupa diklat Online dan bentuk komunikasi informasi dan edukasi (KIE) interaktif yang lain," paparnya.

"Akhirnya dampak dari pandemi Covid-19 ini, mampu mendorong percepatan pembangunan kesehatan di Provinsi Kalimantan Barat," tambah Edy R Yacoub. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved