Virus Corona Masuk Kalbar

Kepala Desa Boleh Gunakan Dana Desa untuk Pencegahan Covid-19 di Kalbar

Jadi dimungkinkan penggunaan dana desa itu digunakan sepanjang diperlukan dalam rangka mengatasi maupun mencegah penyebaran covid-19.

TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalbar Aminuddin. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kemendes mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 yaitu tentang Desa Tanggap Corona dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalbar, Aminuddin menyampaikan bahwa memang sudah ada surat edaran dari Kemendes tersebut. 

Jadi dimungkinkan penggunaan dana desa itu digunakan sepanjang diperlukan dalam rangka mengatasi maupun mencegah penyebaran covid-19.

“Kami juga sudah rapat melalui telekonfrens dengan semua PMD Kabupaten termasuk dari Ditjen Pembendaharaan yang menyalurkan dana."

Bupati Landak : Dana Desa Boleh Digunakan Untuk Pencegahan Covid-19

"Kami juga mengimbau kepada kepala desa mengacu pada surat edaran menteri silahkan menggunaan dana desa untuk mengatasi penyebaran covid-19,” ujarnya, Rabu (1/4/2020).

Ia mengatakan dana juga bisa digunakan melalui dana tak terduga yang dialokasikan apabila ada bencana karena ini termasuk dalam bencana.

Jadi bisa digunakan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di desa masing-masing.

“Sudah ada desa yang bergerak yakni Desa Sungai Baru Kecamatan Telok Keramat Kabupaten Sambas sudah bagus yang peting dalam penggunaan dana sudah sesuai edaran menteri yang digunakan untuk kegiatan yang bersifat padat karya seperti pembersihan lingkungan desa, menyemprot disinfektan yang dikerjakan bersama dan mengutamakan masyarakat tidak mampu yang penghasilannya rendah. Jadi bisa diberi upah sehingga mereka dapat penghasilan,” ujarnya.

Jadi bahan yang ingin dikerjakan dibeli oleh desa dan dibantu secara gotong royong bersama warga namun tetap mengacu pada imbauan gubernur Kalbar untuk menerapkan social distancing.

“Kami mengingatkan dalam pelaksanaannya harus menjaga protokol kesehatan karena tidak boleh mengumpulkan orang ramai , dan gunakan alat pengaman saat bekerja,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved