Cegah Covid-19, Anggota DPRD Sanggau Susana Herpena Usulkan Hal Ini

Ketua DPC ISKA Sanggau itu juga sangat setuju dengan keputusan Ketua DPRD yang memangkas anggaran perjalanan dinas

IST
Anggota DPRD Sanggau, Susana Herpena, SSos 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Susana Herpena mengusulkan kepada Pemerintah Daerah untuk mengalihkan dana Bantuan Sosial (Bansos) yang kemungkinan tidak terserap di tahun 2020 untuk keperluan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sanggau.

"Melihat situasi seperti sekarang ini saya yakin akan ada beberapa anggaran yang tidak terserap, termasuk dana bansos. Contohnya perayaan Hari Jadi Kota Sanggau ke 404 tahun, Inikan bisa kita alihkan untuk membantu menangani Covid-19,"katanya, Senin (30/3/2020).

Selain dana Bansos, lanjut Ketua DPK PKPI Sanggau itu, beberapa pos anggaran lain yang kemungkinan juga tidak terserap bisa dialihkan peruntukannya, diantaranya pos perjalanan dinas ditiap OPD di lingkungan Pemkab Sanggau.

BREAKING NEWS - Satu Unit Ruko di Tayan Hilir Kabupaten Sanggau Hangus Dilalap Si Jago Merah

"Kalau itu terkumpul, saya yakin jumlahnya bukan Rp 1 miliar tapi bisa lebih,"ujarnya.

Ketua DPC ISKA Sanggau itu juga sangat setuju dengan keputusan Ketua DPRD yang memangkas anggaran perjalanan dinas di Sektetariat Dewan untuk membantu penanganan Covid-19.

"Selain pembelian APD, Juga perbanyak pembelian masker, disinfektan dan peralatan lain nya, termasuk alat tes cepat Covid-19. Diharapkan juga agar pemerintah menyiapkan tempat untuk pemeriksaan ODP, Karena kasusnya susah ditebak. Rapid tes agar dianggarkan untuk screnning awal Misalnya ada pasien yang demam atau sesak nafas, Kalau pakai PCR kan membutuhkan waktu lama,"ujarnya.

Untuk itulah, Anggota DPRD Fraksi Amanat Persatuan itu mengaku akan segera membicarakan usulannya ini dengan Pemerintah Daerah.

"Dan saya yakin Pak Bupati sangat konsen terhadap persoalan ini. Karena Pak Bupati pernah mengungkap ini beberapa waktu lalu. Kami di DPRD sangat mendukung kebijakan Pak Bupati yang saat ini sedang fokus menangani Covid-19 ini,"jelasnya.

Anggota DPRD Sanggau tiga periode itu juga mengingatkan kepada masyarakat agar mengikuti imbauan dari pemerintah dan mengikuti semua langkah-langkah penanganan dan pencegahan virus Corona untuk kepentingan kita bersama.

"Tetap di rumah saja untuk mencegah penularan virus corona. Dan ODP tetap Karantina diri di rumah. Dukung program pemerintah memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Sanggau, jangan sampai ada ODP malah keliaran ke pasar misalnya. Patuh dengan imbauan dari pemerintah dan di rumah saja,"pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved