Virus Corona Masuk Kalbar

Bupati Landak Minta Pemerintah Pusat Tertibkan Distributor Alkes

Akhirnya berdampak pada langkanya beberapa Alat Kesehatan (Alkes) terutama masker dan hand sanitizer.

TRIBUNPONTIANAK/ALFON PARDOSI
Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa saat memantau tim medis bekerja di Posko Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Landak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Sejak pertama kali Indonesia diserang wabah pandemi Virus Corona (Covid-19) pada tanggal 2 Maret 2020 yang lalu.

Akhirnya berdampak pada langkanya beberapa Alat Kesehatan (Alkes) terutama masker dan hand sanitizer.

Hingga sampai saat ini, kelangkaan peralatan kesehatan tersebut terus terjadi.

Menanggapi kelangkaan alkes tersebut, Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa menyampaikan terkait pentingnya Alkes dalam menangani Corona Virus Disease (Covid-19) mematikan ini.

Antisipasi Covid-19, Kapolres Kubu Raya Tak Segan Beri Tindakan Hukum Bagi Masyarakat yang Bandel 

"Sejauh ini kita sudah berupaya koordinasi dengan Provinsi dan Pemerintah Pusat berkaitan dengan penanganan dan penganggaran. Namun untuk hal ini kita minta kepada Pemerintah Pusat untuk menertibkan distributor alat kesehatan ini."

"Sehingga Kabupaten Landak dapat mendapatkan Alkes dengan harga terjangkau, serta stok yang tersedia sehingga tidak berhadapan dengan spekulan," ujar Karolin pada Minggu (29/3/2020).

Karolin mengatakan, karena meski pun Kabupaten Landak punya anggaran seperti yang telah dialokasikan namun tidak dapat dibelanjakan karena barang yang tidak ada.

"Bahkan meskipun kita punya uang tapi kita tidak bisa belanja karena barang tidak ada. Selain itu, selalu mengalami perubahan harga setiap hari dengan peningkatan yang luar biasa."

"Misalnya saja baju Hazmat harga normal 900 ribu tapi karena langka sehingga ada yang menawarkan kepada kita dengan harga 2 juta lebih."

"Oleh sebab itu, kami berharap kepada Menteri Kesehatan dan Kapolri untuk memberi perhatian kepada distributor untuk tidak main-main dengan harga disaat situasi bencana seperti ini," tegas Karolin.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved