Antisipasi Lonjakan Transaksi Gadai, OJK Kalbar Imbau Ikuti Aturan

Menurutnya, saat ini harga emas sedang berdiri kokoh. Sehingga ia menyarankan agar masyarakat segera berinvestasi dalam bentuk emas.

TRIBUNPONTIANAK/SEPTI DWISABRINA
Karyawan menunjukkan emas Harga emas batangan Antam dan UBS di Pegadaian Pontianak, Minggu (29/3/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ditengah tingginya harga emas dunia, memantik masyarakat untuk melakukan transaksi gadai.

Guna mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin melakukan transaksi gadai.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan imbauan melalui surat nomor S-6/D.05/2020 tanggal 19 Maret 2020 perihal Upaya Pencegahan Dampak Penyebaran Covid-19 pada Industri Keuangan Non Bank.

Kepala OJK Kalbar, Moch. Riezky F. Purnomo mengungkapkan tidak dipungkiri bahwa dampak penyebaran virus corona atau Covid-19 telah menyentuh berbagai sektor tidak terkecuali industri pergadaian.

Telkomsel Perluas Kolaborasi, E-Learning Hadir Dukung Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi

"Pada surat yang telah di keluarkan pihaknya. Dihimbau kepada seluruh pelaku industri keuangan non bank, termasuk Pegadaian agar mengikuti aturan tersebut," ujarnya, Minggu (29/3/2020).

Lebih lanjut, Riezky mengatakan pihak pegadaian dapat mengupayakan kegiatan usaha dengan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19 dan memberikan layanan terbaik.

"Mengambil kebijakan dan langkah kongkret lainnya untuk mendukung hal tersebut. Mulai dari kegiatan transaksi dan lainnya, dalam menunjang pelayanan di pegadaian," jelasnya.

Bahkan, OJK meminta agar melakukan penyesuaian-penyesuaian operasional kantor yg diperlukan antara lain meminimalisasi interaksi personal antar individu karyawan, debitur, konsumen, termasuk pemanfaatan sarana komunikasi selain tatap muka.

"Industri juga diminta secara periodik mengevaluasi efektivitas kebijakan yg telah diambil demi terciptanya layanan yg aman serta melaporkannya kepada OJK," pintanya.

Tak hanya itu saja, Riezky menegaskan, OJK selaku Otoritas pengaturan, pengawasan dan perizinan di industri keuangan non bank berkomitmen untuk terus mengawal layanan kepada masyarakat dengan aman dan nyaman.

Halaman
123
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved