Polda Kalbar

Antisipasi Covid-19, Kapolres Kubu Raya Tak Segan Beri Tindakan Hukum Bagi Masyarakat yang Bandel 

Namun menurut Kapolres Kubu Raya itu, upaya-upaya tersebut juga harus didampingi dengan kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Humas Polres Kubu Raya
Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana saat melakukan Patroli pembubaran masyarakat yang masih berkumpul di desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (28/3/2020) malam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepolisian Resor (Polres) Kubu Raya terus melakukan langkah-langkah penertiban dan pengamanan situasi, terkait upaya pencegahan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Dalam hal ini, dikatakan Kapolres Kubu Raya, AKBP Yani Permana bahwa, berbagai upaya-upaya masif telah dilakukan pihaknya, dalam membantu memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini.

Mulai dari memberikan sosialisasi, pemyemprotan disinfektan ditempat-tempat umum, hingga pembubaran terhadap masyarakat yang berkumpul diwarung-warung kopi atau lainnya.

Terima 100 Rapid Test Corona, Dinkes Ketapang akan Prioritaskan PDP dan Tenaga Medis

"Sampai dengan hari ini, kami selalu melaksanakan kegiatan penyemprotan gabungan, baik dari TNI, Pemerintah Daerah, maupun Organisasi dan stakeholder lain, yang dilakukan di sekolah, rumah-rumah ibadah, maupun di tempat-tempat umum lainnya,"

"Dan kami juga melaksanakan pembubaran terhadap kumpulan-kumpulan masyarakat yang masih berlangsung sampai hari ini. Baik itu mereka yang masih ditempat-tempat warung maupun di hajatan-hajatan, termasuk itu seperti resepsi pernikahan atau kegiatan ibadah lainnya," terang AKBP Yani saat dihubungi Tribun, pada Minggu (29/3/2020).

Namun menurut Kapolres Kubu Raya itu, upaya-upaya tersebut juga harus didampingi dengan kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Dan apabila masyarakat masih berkeliaran dan berkumpul di tempat-tempat keramaian, dirinya menegaskan akan memberikan tindakan hukuman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Bagi masyarakat tidak mengikuti himbauan-himbauan yang telah diberikan, maka pihak kepolisian akan memberikan hukuman, sesuai dengan yang sudah kita sampaikan didalam maklumat,"

"Kami akan berikan itu kepada masyarakat yang masih membandel," tegasnya. 

Selanjutnya ia menjelaskan, langkah inipun menindaklanjuti maklumat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah seperti Gubernur Kalimantan Barat, dan Bupati Kubu Raya, tentang KLB/Tanggap Darurat Coronavirus 2019 atau Covid-19.

Dalam kesempatan ini pula dirinya mengajak, kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan selalu mengikuti himbauan-himbauan yang telah disampaikan. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved