Terus Lakukan Pemantauan, Diskes Kubu Raya Sampaikan Kondisi Saat Ini, Berikut Penjelasannya

Adapun untuk di wilayah Kabupaten Kubu Raya sendiri terdapat 20 Puskesmas, 129 Pos Kesehatan Desa

TRIBUNPONTIANAK/MUZAMMILUL ABRORI
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Marijan SPd MKes saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kubu Raya, pada Rabu (18/3/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya terus berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan berbagai langkah percepatan yang dilakukan tenaga medis yang tersebar.

Adapun untuk di wilayah Kabupaten Kubu Raya sendiri terdapat 20 Puskesmas, 129 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dan 72 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, dalam menghadapi COVID-19 ini, Pemerintah Daerah sudah mengambil langkah-langkah dan kebijakan, diantaranya setiap tenaga medis yang ada di seluruh Puskesmas untuk dapat membedakan antara pasien yang terinfeksi COVID-19 dengan pasien umum.

Lawan Penyebaran COVID-19, PDI Perjuangan Kubu Raya Bagikan 50 Tong Air

Dan petugas medis di lapangan juga disampaikannya, sudah diberikan dan menggunakan Alat Perlindung Diri (APD) yang standart serta untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

“Langkah selanjutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tentunya melakukan berbagai persiapan lebih lanjut bagi masyarakat ramai, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi COVID-19 ini," ungkap Marijan, pada Kamis (26/3/2020).

Lanjutnya terkait ODP (Orang Dalam Pengawasan), diterangkan Marijan per tanggal 26 maret 2020 terdapat 134 orang yang masuk dalam status ODP untuk wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kesempatan inipula Marijan menyampaikan, bagi setiap warga yang masuk dalam status ODP, dan sedang mengisolasi dirinya selama 14 hari di rumah, petugas Puskesmas yang ada di wilayah warga tersebut akan melakukan pemantauan secara continue.

Jika terdapat peningkatan sampai pada PDP, pihaknya akan melakukan langkah-langkah percepatan medis bagi pasien tersebut.

“Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada warga Kubu Raya yang masuk dalam daftar PDP maupun positif COVID-19. Karena sesuai dengan kebijakan bapak Bupati Muda Mahendrawan, mulai dari RT, RW, Dusun, Desa dan Camat untuk berperan aktif dalam pencegahan penyebaran virus ini untuk melaporkan sesegera mungkin melaporkan ke Puskesmas terdekat jika ada warganya yang baru datang dari luar negeri maupun memiliki gejala-gejala COVID-19,” katanya.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved