Jet Tempur China Terobos Wilayah Udara Taiwan, Kapal Destroyer US Navy Labrak Militer Negeri Panda

Tindakan ini langsung dibalas oleh Taiwan dengan menerbangkan F-16 milik mereka untuk mengusir kehadiran penempur China tersebut.

Jet Tempur China Terobos Wilayah Udara Taiwan, Kapal Destroyer US Navy Labrak Militer Negeri Panda
Petty Officer 1st Class Toni Bur
Jet Tempur China Terobos Wilayah Udara Taiwan, Kapal Destroyer US Navy Labrak Militer Negeri Panda 

Beberapa hari ini usai corona reda di Wuhan, militer China langsung tancap gas memulai kembali ekspansinya ke wilayah sekitar.

Sasaran utamanya ialah negara tetangga Taiwan.

AU China menerbangkan jet-jet tempurnya yang bermanuver di wilayah udara Taiwan dengan dalih latihan perang.

Tindakan ini langsung dibalas oleh Taiwan dengan menerbangkan F-16 milik mereka untuk mengusir kehadiran penempur China tersebut.

Mengutip taiwannews.com, Kamis (26/3/2020) mengetahui adanya manuver-manuver provokatif ini, Amerika Serikat (AS) selaku pendukung Taiwan langsung mengambil tindakan.

AS memerintahkan US Navy agar melayarkan kapal perang Destroyer USS McCampbell dari Armada Ketujuh ke Selat Taiwan yang dekat dengan China pada 25 Maret 2020.

Pelayaran ini disinyalir sebagai tindak balas US Navy karena aksi 'slonong boy' AU China atas wilayah udara Taiwan.

juru bicara Armada Ketujuh AS Anthony Junco menegaskan pelayaran kapal destroyer USS McCampbell di Selat Taiwan sesuai hukum internasional.

"Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS ke Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," katanya.

Pernyataan Junco ini diamini oleh Kementerian Pertahanan Taiwan dimana mereka menggambarkan USS McCampbell sebagai bagian dari 'misi biasa' US Navy yang rutin melayarkan kapal perangnya disana.

Halaman
12
Editor: Rizky Zulham
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved