Kisah Warga Tionghoa Singkawang Jalankan Tradisi Sembahyang Kubur di Tengah Wabah Covid-19

Sembahyang kubur juga dilakukan di Taiwan, Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan negara-negara yang terdapat orang Tionghoanya

Tribun Pontianak/Destriadi YJ
Warga Tionghoa melakukan sembahyang kubur di Pemakaman Tionghoa Yayasan Bhakti Suci Jl Adisucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (28/3/2016) sejak pukul 05.00 WIB. Ritual ini sebagai satu diantara cara untuk menghormati leluhur mereka. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

SINGKAWANG - Sembahyang kubur merupakan tradisi masyarakat Tionghoa mengunjungi dan membersihkan makam leluhur, orang tua atau keluarga.

Selain itu, sembahyang kubur juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Pada umumnya sembahyang kubur dilakukan pada Festival Qingming, namun ada juga sebagian orang Tionghoa di berbagai tempat yang melakukan sembahyang kubur selain pada saat festival Qingming.

Selain di Daratan Tiongkok, sembahyang kubur juga dilakukan di Taiwan, Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan negara-negara yang terdapat orang Tionghoa.

Di Indonesia, sembahyang kubur dilakukan 2 kali dalam setahun, yaitu pada saat festival Qingming dan pertengahan bulan 7 dalam kalender Tionghoa.

Sembahyang kubur pada festival Qingming dilakukan selama 15 hari dengan festival Qingming sebagai hari terakhir atau puncak perayaannya, sedangkan sembahyang kubur pada pertengahan bulan 7 dimulai dari tanggal 1 sampai 15 kalender Tionghoa.

Bersyukur 6 Peladang Divonis Bebas,Persatuan Peladang Tradisional Ucapkan Terima Kasih

Bulan ke-7 dalam kalender Tionghoa disebut sebagai Bulan Hantu.

Pada hari ke-15 atau pertengahan bulan 7 kalender Tionghoa, diadakan perayaan untuk memberi makan kepada arwah-arwah yang tidak ada keluarga atau yang ditelantarkan oleh keluarganya.

Tradisi sembahyang kubur atau festival Qingming tahun ini menurut penanggalan tahun masehi jatuh pada Sabtu (21/3/2020) hingga Sabtu (4/4/2020) atau penanggalan China (Imlek) (28/2/2571) hingga (12/3/2571).

Tahun 2020 ini menjadi sembahyang kubur yang berbeda akibat diterpa wabah virus corona atau Covid-19.

Halaman
1234
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved