Halimah: Dengan Antrean Elektronik di Mobile JKN, Semua Terasa Mudah

Halimah sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak pertama kali program ini ada yaitu tahun 2014.

IST
Halimah (57) terlihat sedang duduk menunggu antrean untuk pemeriksaan dokter 

Halimah (57) terlihat sedang duduk menunggu antrean untuk pemeriksaan dokter di sebuah klinik pratama yang ada di Kota Pontianak pada Rabu (18/3).

Halimah mengaku mengalami sakit di bagian perutnya beberapa hari belakangan.

Halimah sudah menjadi peserta JKN-KIS sejak pertama kali program ini ada yaitu tahun 2014.

Halimah mengatakan jika ia merasa nyaman berobat menggunakan Kartu JKN-KIS, selain mudah, iurannya pun masih terbilang sangat terjangkau.

“Setiap sakit saya selalu berobat ke klinik tempatnya terdaftar, alhamdullilah pelayanan di sini baik dokternya juga komunikatif. Hari ini, saya diberikan rujukan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut, dokternya tadi menjelaskan secara jelas prosedur terkait rujukan. Selama berobat pakai kartu JKN-KIS saya tidak pernah merasa kesulitan, cukup mudah mendapatkan informasi," ungkap Halimah.

Kadiskes Umumkan Hasil Pemeriksaan Virus Corona Bayi Berumur Dua Bulan Asal Landak

Halimah baru mengetahui jika klinik tempatnya berobat yaitu Klinik Kimia Farma Tanjungpura sudah menerapkan antrean elektronik, peserta yang terdaftar kini sudah bisa mengambil nomor antrean dari aplikasi Mobile JKN. Halimah menyambut baik informasi yang baru diketahuinya.

Menurutnya, antrean elektronik menambah kemudahan berobat menggunakan kartu JKN-KIS.

“Dengan iuran terjangkau sudah bisa memperoleh layanan kesehatan yang super lengkap dan praktis, ditambah lagi dengan adanya antrean elektronik, saya bisa ambil nomor antrean dari rumah lewat aplikasi Mobile JKN," tutur Halimah.

Tak dapat dipungkiri, bahwa jutaan masyarakat Indonesia pernah memanfaatkan Program JKN-KIS. Program yang diusung pemerintah itu menjadi solusi dari permasalahan kesehatan yang dialami, terutama permasalahan materi.

Biaya kesehatan yang sangat mahal, dapat  membuat orang kehabisan materi demi meraih sehat.

"Sejak kehadiran Program JKN-KIS, masyarakat tak perlu sungkan untuk mengunjungi Fasilitas Kesehatan. Semakin percaya diri menunjukan kartu JKN-KIS, semakin peduli akan kesehatan tubuhnya, dan semakin giat menjaga kesehatan agar terhindar dari sakit. Dengan cara rutin membayar iuran, maka kita telah berkontribusi untuk keberlangsungan program ini sekaligus sebagai amal membantu sesama yang membutuhkan," tambahnya.

BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi pesertanya. Kemudahan dan berbagai inovasi dilakukan demi meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Saat ini BPJS Kesehatan sedang mengembangkan inovasi antrean elektronik.

Beberapa fasilitas kesehatan sudah menerapkan antrean elektronik yang terintegrasi dengan sistem BPJS Kesehatan.

Sehingga melalui satu aplikasi yaitu Mobile JKN, peserta JKN-KIS akan dimudahkan mulai dari pengambilan nomor antrean, tampilan KIS Digital, perubahan data peserta, pengecekan tagihan, melihat ketersediaan tempat tidur, obat yang ditanggung oleh program JKN-KIS, sampai konsultasi dan pengaduan dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved