Breaking News:

Maria Goreti: Kita Dipanggil dengan Peran Berbeda Demi Kesejahteraan Bersama

Mereka juga diajarkan bagaimana menjadi pribadi yang “terlibat” dalam persoalan-persoalan manusia, persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan.

Dokomentasi Thomas Diman
 Kursus Gabungan Novis saat mengundang Senator Maria Goreti untuk berbicara sebagai awam Katolik yang terlibat dalam politik. 

PONTIANAK - Sejak tanggal 8 Maret lalu, komunitas religius yang berdomisili di pontianak mengadakan Kursus Gabungan Novis. 

Kursus ini diadakan di Wisma Immaculata yang terletak di Jl. Ar. Hakim No.104, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Novis adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan awal atau formasi awal dalam sebuah lembaga hidup religius Katolik. 

Mereka terdiri atas komunitas religius untuk biarawati maupun biarawan. 

Maria Goreti Sebut Akmen Bumi Sebalo, Harapan Besar Bagi Masyarakat Desa di Bengkayang

Selama satu tahun para novis hidup dalam komunitas yang sangat intens, mereka hidup dalam semangat hidup doa dan kontemplasi, semangat hidup komunitas, semangat sharing untuk saling menguatkan satu sama lain, lebih-lebih saat membuat penegasan akan pilihan hidup yang mereka jalani. 

Ada sekitar 32 novis yang mengikuti kursus selama dua minggu terakhir. 

Menurut Suster Gabriela, OSA -ketua kursus gabungan novis, acara itu bertujuan  agar para “formandi” sebutan untuk orang  yang sedang dibentuk agar memiliki semangat melayani sesuai dengan semangat dasar Tuhan ke dunia yang datang untuk melayani. 

Mereka juga diajarkan bagaimana menjadi pribadi yang “terlibat” dalam persoalan-persoalan manusia, persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan.

“Para orang muda ini sedang mengalami pembentukan diri, agar pada waktunya mereka dapat hidup sesuai dengan nilai-nilai atau keutamaan-keutamaan  yang menjadi 'tanda' atau sakramen kehadiran Tuhan di dunia. Dengan pendidikan yang memadai, hendaklah mereka juga memiliki kecakapan hidup yang memadai untuk tugas perutusan dimana mereka kelak akan diutus” Kata Suster Gaby sebutan untuk Suster Gabriela, sesuai rilis diterima Tribun, Minggu (22/03/2020).

Kursus tahun ini terasa berbeda karena panitia kursus mengundang Senator Maria Goreti untuk berbicara sebagai awam Katolik yang terlibat dalam politik, Sabtu kemarin.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved