Desa di Kubu Raya Ini Terapkan Pelayanan Berbasis Aplikasi Kepada Masyarakat

Arifin menjelaskan, Portal Desa Digital (PDD) merupakan Sistem Informasi Desa pada umumnya,

Desa di Kubu Raya Ini Terapkan Pelayanan Berbasis Aplikasi Kepada Masyarakat
TRIBUN PONTIANAK/Muzammilul Abrori
Pelayanan Publik melalui Aplikasi melalui Portal Desa (PPD), yang diterapkan Desa Sumber Agung, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Kamis (19/3/2020). --

KUBU RAYA - Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat serta keterbukaan informasi publik menuju era digital 4.0, Pemerintah Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar, Kubu raya membuat Aplikasi melalui Portal Desa (PPD) dalam melaksanakan Pelayanan kepada masyarakat, yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Disampaikan Kepala Desa Sumber Agung, Arifin Noor Aziz, bahwa meskipun Desa Sumber Agung terletak diujung selatan Kota Kabupaten Kubu Raya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kayong Utara, yang secara letak geografis maupun sarana prasarana baik insfrastruktur, jaringan komunikasi maupun yang pendukung lainnya masih sangat terbatas. 

“Walaupun Desa Kami terletak didaerah paling ujung, namun dalam hal ini Pemerintah Desa Sumber Agung berusaha untuk selalu berinovasi dan berupaya untuk melakukan terobosan- terobosan dalam melakukan percepatan pembangunan Desa di Era Digital,” jelas Arifin.

Arifin menjelaskan, Portal Desa Digital (PDD) merupakan Sistem Informasi Desa pada umumnya, jadi fitur-fitur yang diusung oleh Portal Desa Digital (PDD) pada umumnya hampir sama. 

Dukung Program Desa Mandiri, Kapolsek Jaspian Ajak Masyarakat Tak Bakar Lahan

Walau dikatakan Arifin pada umumnya memiliki fitur sama, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

“Tergantung bagaimana pengembang melakukan inovasi dan menerapkan konsep-konsep dan fitur yang tidak ada di aplikasi sejenis lainnya,” ungkapnya.

Ada pun fitur-fitur yang diusung oleh Portal Desa Digital adalah sebagai berikut :

1. Identitas Desa : Identitas Desa merupakan data yang mengidentifikasi mulai dari Nama Desa, Alamat, Kabupatem Provinsi bahkan sampai dengan Peta Kantor dan Wilayah Desa.

2. Pemerintahan Desa : Pemerintahan Desa merupakan fungsi pendataan Perangkat desa mulai dari Kepala Desa sampai dengan Elemen Masyarakat lainnya..

3. Wilayah Administratif : Menu ini berfungsi untuk pemetaan wilayah pemukiman warga desa.

Halaman
123
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved