Antisipasi Karhutla, Pemkab Ketapang akan Bangun Embung di Desa Pelang

Hal ini juga berkaca seperti Karhutla di tahun lalu, yang mana pemadam kesulitan menemukan sumber air sehingga terkendala dalam upaya pemadaman.

TRIBUNPONTIANAK/SUBANDI
Wakil Bupati (Wabup) Ketapang Suprapto. 

KETAPANG - Pemerintah Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan Manggala Agni Daops Ketapang akan membangun embung di kawasan Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS), Ketapang, Kalimantan Barat. 

Pembangunan embung bertujuan untuk menekan kasus kebakaran hutan dan lahan khususnya yang kerap terjadi di kawasan Pelang karena daerah tersebut termasuk wilayah gambut.

Wakil Bupati Ketapang, Suprapto mengatakan dengan adanya embung maka tentu akan memudahkan menemukan sumber air untuk upaya pemadaman jika terjadi Karhutla di kawasan tersebut sehingga upaya pemadaman semakin mudah dilakukan.

Antisipasi Bencana Karhutla, 40 Masyarakat Peduli Api Kecamatan Simpang Hilir Dilantik

Hal ini juga berkaca seperti Karhutla di tahun lalu, yang mana pemadam kesulitan menemukan sumber air sehingga terkendala dalam upaya pemadaman.

“Daerah Pelang gambutnya dalam. Jadi untuk mengantisipasinya saya sudah minta dengan pak Rudi (Kepala Maggala Agni Ketapang) membuat pemetaan dimana kira-kira kita membuat embung,” kata Suprapto, Minggu (15/03/2020).

Suprapto menjelaskan bahwa dalam pembuatan embung, pihaknya akan menggunakan alat berat, dan didasar embung akan diberi plastik agar air di embung tidak terserap gambut.

"Kami juga berharap pihak TNI-Polri dapat memberikan bantuan personel dalam upaya pencegahan dan penanggulangan jelang musim kemarau mendatang," tandasnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved