AHY Pimpin Partai Demokrat, Pengamat: Tantangan Berat Bangun Citra di Masyarakat

Selain itu, membangun citra baik kembali Partai Demokrat di tengah-tengah masyarakat Kalbar menjadi PR yang utama.

TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Pengamat Politik Untan Yulius Yohanes 

News Analysis
Pengamat Politik Untan
Dr. Yulius Yohanes

PONTIANAK - Satu diantara Pengamat Politik Untan, Dr. Yulius Yohanes menilai jika dengan terpilihnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, tentu tantangan berat dan diawal kepemimpinan ialah membangun citra ditengah-tengah masyarakat.

Partai Demokrat Kalbar Dukung AHY Jadi Ketua Umum

Berikut penuturannya.

Dengan pergantian estafet kepemimpinan dari SBY ke AHY menurut saya tidak menunjukan potret partai berlambang Mercy ini sepenuhnya legowo dengan pergantian ketua, hal ini karena tentu masih banyak kader potensial yang berpeluang menjadi Ketua Umum.

Walaupun perlu diakui, kekuatan AHY cukup baik untuk menggaet pemilih millenial, namun pengalaman politiknya masih minim dan hal ini berbeda jauh dengan pengalaman AHY ketika dimiliter.

Menjadi Ketua Umum partai yang pernah mempunyai masa keemasan diera SBY tidaklah mudah, yang dimana masa itu kekuatan dan kekuasaan berada di tangan partai demokrat.

Kalau dulu, Demokrat ibaratnya sebagai gula sehingga partai lain mendukung sebagai koalisi, namun tidak dengan sekarang yang dinilai tidak konsisten untuk menjadi penyeimbang pemerintah karena juga diisukan bakal merapat ke penguasa.

Hal ini tentunya alih-alih dapat membangun citra baik, justru mendapat cibiran dari pendukung maupun partai lain.

Namun untungnya Partai Demokrat masih masuk kedalam partai yang sesuai dengan UU pemilu sebagai peserta dalam pesta demokrasi di Indonesia.

Analisisa saya, Partai Demokrat akan sulit untuk membangun kepercayaan kepada masyarakat, apalagi AHY sosok yang masih kurang pengalaman politik karena masih kental dengan gaya kepemimpinan militer.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved