Pemkab Landak Berikan Pelatihan Produk Olahan Pada Bidang Peternakan

Bupati Landak juga mengharapkan pelatihan ini bisa membuka cakrawala berfikir dan menginspirasi masyarakat secara umum.

TRIBUNPONTIANAK/ALFON PARDOSI
Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan mengadakan Pelatihan Pengolahan Hasil Produk Peternakan, Jumat (13/3/2020). 

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan, mengadakan Pelatihan Pengolahan Hasil Produk Peternakan, Jumat (13/3/2020).

Kegiatan ini berlangsung di aula dinas pertanian perikanan dan ketahanan pangan Kabupaten Landak dan dihadiri oleh Sekdis DPPKP Landak yang mewakili Kadis DPPKP Landak.

Kepala Bidang Peternakan DPPKP, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) unit pelaksana DPPKP, serta ibu-ibu DWP DPPKP Kabupaten Landak yang juga menjadi Peserta Pelatihan Pengolahan Hasil Produk Peternakan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Catering Cafe Ceria dan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak.

Dorong Kualitas Produk Olahan, Disperindagkop Singkawang Upayakan Bantu Mesin Press

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) yang disampaikan Oleh Sekdis DPPKP Koller Sinaga SP menyampaikan bahwa ada bermacam-macam produk peternakan yang berpotensi untuk dikembangkan di Kabupaten Landak.

Misalnya untuk produk daging ayam, sapi atau babi bisa di buat nugget, bakso dan sosis.

"Pengembangan pengolahan peternakan perlu ditingkatkan dari sisi produk dimana pengolahan peternakan masih sub sistem dan skala kecil, kurangnya pemanfaatan potensi daerah, sumber daya manusia ditingkatkan dan sisi permodalan masih kurang," ujar Sinaga saat menyampaikan sambutan Kepala DPPKP.

Pelatihan ini dapat menambah wawasan dalam rangka meningkatkan produk hasil peternakan sambung Sinaga, telur dan daging bisa ditingkatkan nilai jualnya bila diolah menjadi produk turunan yang lebih bervariasi.

"Untuk itulah DPPKP Kabupaten Landak mengelar pelatihan ini, untuk mengembangkan potensi peternakan di Kabupaten Landak, karena kita tidak hanya mengembangkan peternakan saja, tetapi perlu dipikirkan juga bagaimana pengembangan produk turunan hasil peternakan yang ada," kata Sinaga.

Sementara itu kepala bidang peternakan DPPKP Kabupaten Landak drh Intan Aryani menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan seperti pengolahan produk hasil peternakan sudah pernah dilaksanakan pada tahun sebelumya dan akan dilaksanakan terus-menerus untuk memotivasi masyarakat Kabupaten Landak, terkhusus kepada para ibu-ibu.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved