Kunker ke-4 Desa di Kubu Raya, Sukiryanto Pesan Masyarakat Partisipatif Awasi Dana Desa

Kunjungan itu meliputi Desa Sungai Melaya, Desa Kuala Mandor B, Desa Kali Bandung hingga Desa Sungai Asam.

IST / Boby
Satu diantara Anggota DPD RI Dapil Kalbar, H Sukiryanto saat melakukan kunjungan kerja sekaligus dialog ke satu diantara desa di Kubu Raya baru-baru ini. 

PONTIANAK - Satu diantara Anggota DPD RI Dapil Kalbar, Sukiryanto melakukan kunjungan kerja ke sejumlah desa di Kubu Raya baru-baru ini.

Kunjungan itu meliputi Desa Sungai Melaya, Desa Kuala Mandor B, Desa Kali Bandung hingga Desa Sungai Asam.

Dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan, Sukiryanto melanjutkan pengawasan terhadap UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa yang difokuskan pada pengelolaan keuangan desa.

Wakil ketua Komite IV DPD RI ini, yang mana bermitra langsung dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memiliki tanggung jawab secara moral agar pengelolaan keuangan desa dapat berjalan dengan baik atau akuntabel.

Sebagai perwakilan daerah Sukiryanto berharap kepala desa dapat mengelola dengan baik dan tidak bersentuhan dengan hukum apalagi kesalahannya hanya bersifat administrasi.

“Kalau untuk kepala desa yang menyelewengkan dana desa tersebut, tetap harus ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya, Kamis (12/03/2020).

KPU Kubu Raya Lakukan Update Data Pemilih Perbulan

BUMDes menjadi permasalahan yang harus segera terselesaikan, mulai dari sumber daya manusianya yang masih belum cukup sampai dengan masalah akses permodalan untuk BUMDes.

Banyak desa yang membangun BUMDes tanpa perencanaan bisnis yang matang, sehingga banyak BUMDes yang jalan ditempat.

Ada baiknya pelatihan enterprenuership dapat menyentuh masyarakat desa atau pemerintah daerah khususnya kabupaten/kota yang membawahi desa ikut berperan dalam akses usaha agar masuk dalam mata rantai industri.

Contohnya apabila BUMDes tersebut berusaha dalam budidaya ayam daging, hasilnya harus masuk dalam industri yang lebih besar oleh campur tangan pemerintah daerah sampai dengan mereka naik kelas.

Halaman
123
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved