Corona Masuk Indonesia

Kalimantan Barat Dapat Satu Lagi Tambahan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Dampak Virus Corona

Keputusan ini dikeluarkan oleh Kemenkes RI pada 10 Maret 2020 terkait penanganan virus Corona.

Tribunpontianak.co.id/Anggita Putri
Kadis Kesehatan Kalbar Harrison 

PONTIANAK - Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI menambah satu Rumah Sakit rujukan penanggulangan penyakit infeksi emerging tertentu termasuk virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Barat.

Keputusan ini dikeluarkan oleh Kemenkes RI pada 10 Maret 2020 terkait penanganan virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mengatakan sebelumnya ada tiga Rumah Sakit (RS) di Kalbar dijadikan RS rujukan pasien virus corona. Ketiga RS tersebut adalah RSUD dr Sudarso di Pontianak, RSUD dr Abdul Aziz di Singkawang, dan RSUD Ade M Joen di Sintang.

“Jadi ada penambahan satu Rumah Sakit rujukan di Kalbar yakni di RSUD Dr. Agoesdjam Ketapang,” ujarnya, Kamis (12/3/2020).

Jadi masyarakat sudah mempunyai banyak fasilitas untuk dapat melakukan penatalaksaan terkait penyakit emerging dalam hal ini covid -19.

“Penambahan satu rumah sakit ini karena Kalbar merupakan wilayah yang luas dan Ketapang memang agak jauh dari Pontianak. Kemudian disana banyak TKA ,” ujarnya.

Cara Kerja Virus Corona Infeksi Manusia, Bahaya Dimulai Jika Virus Capai di Bagian Organ Tubuh Ini

Jadi pemerintah perlu menetapkan penambahan satu rumah sakit di Kalbar karena memandang di RS Ketapang sudah ada dokter spesialis paru dan juga sudah disiapkan ruang isolasi.

“Untuk ruang isolasi covid-19 itu ruangan yang disiapkan untuk mencegah pasien agar tidak berkontak dengan pasien lain kecuali petugas kesehatan yang sudah dilengkapi alat pelindung diri ,” pungkasnya.

Sebelumnya 3 Rumah Sakit di Kalbar Ditetapkan untuk Penanganan Corona

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison menegaskan pihaknya telah mengambil langkah-langkah mengantisipasi penyebaran Virus Corona yang berasal dari negeri Tirai Bambu (Cina).

Dinkes Kalbar telah melakukan melakukan pertemuan dengan rumah sakit- rumah sakit yang ada di Kalbar.

Seperti Sudarso, Kartika Husada, Bhayangkara, Rumah Sakit Sultan Syarif Mohammad Kota Pontianak, Antonius, Mitra Medika, Rumah Sakit Abdul Azis Singkawang, Rumah Sakit Vincensius Singkawang,

Dalam pertemuan itu, juga diikuti dinas kesehatan dari Kota Pontianak, Kubu Raya, kantor kesehatan yang bertugas di pelabuhan, bandara maupun di perbatasan lintas negara.

 Apa Itu Virus Corona? Ketahui Gejala dan Pencegahan Penularan Virus Corona yang Berasal dari China

Selain itu, Kementerian Kesehatan telah menetapkan tiga rumah sakit rujukan, untuk penanganan masyarakat yang terjangkit virus corona.

Adapun rumah sakit yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan sebagai rumah sakit rujukan, yaitu Soedarso, Abdul Azis Singkawang dan Rumah Sakit Ade M Djoen Sintang .

Pemprov Kalbar juga menyiapkan beberapa rumah sakit lainnya, untuk penanganan apabila rumah sakit yang ditetapkan sebagai rujukan tidak bisa lagi menampung.

Halaman
1234
Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved