Boyman Sebut PAN di Sambas Berpeluang Usung Balon Non Kader, Ini Kata Pengamat

Ketika paslon menggunakan kendaraan parpol tentu dengan harapan agar parpol dapat bekerja secara maksimal

TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Sekretaris Jenderal Dayak International Organization (DIO) Dr Yulius Yohanes, M.Si. 

PONTIANAK - Pengamat Politik Untan Yulius Yohanes mengatakan parpol merupakan satu diantara sarana untuk mendaftar bagi calon dalam pemilu serentak 2020, artinya peranan parpol dalam pilkada serentak sebagai salah satu kendaraan politik merupakan harapan paslon dipemilu serentak untuk mengantarkan paslon bisa bertanding di pesta demokrasi yang dilakukan lima tahun sekali.

Ketika paslon menggunakan kendaraan parpol tentu dengan harapan agar parpol dapat bekerja secara maksimal untuk mendukung paslon tersebut.

Hal ini mengingat parpol memiliki jaringan dan basis pemilih disuatu daerah baik dari pusat, provinsi, kabupaten kota, kecamatan sampai keluraha desa.

Begitu juga harapan parpol dari PAN yang memiliki latar belakang dari Muhammadiyah, tentu di Kabupaten Sambas memiliki potensi yang cukup bagus untuk PAN, karena di Sambas pemilih adalah mayoritas muslim dan ini realita yang tidak bisa kita pungkiri.

Parpol Berikan Tenggat Surat Tugas Dinilai Pengamat Sebagai Hal yang Wajar

Oleh karena itu kekecewaan Ketua DPW PAN Kalbar terhadap kader PAN yang ditugaskan untuk bangun koalisi namun tidak memberikan progres seperti yang diharapkan partai tentu menjadi wajar dicarikan alternatif lain untuk diusung di Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Sambas.

Tentu kegagalan kader yang ditugaskan untuk membangun koalisi merupakan potret bahwa kader kurang mampu apalagi di Pilkada serentak 2020 di Sambas tentu PAN mengharapkan dalam Pilkada yang mereka usung dapat menang.

Memang kegagalan kader PAN membangun koalisi untuk Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Sambas banyak faktor salah satu menyakut kapabilitas kader yang mungkin kurang dimata masyarakat Sambas maupun parpol lain dan juga kemungkinan masih kental ego PAN di Sambas.

Oleh karena itu alternatif dari ketua DPW PAN Boyman Harun untuk mengusung paslon di luar partai tentu sangat wajar, karena semua parpol target yang ingin dicapai tentu harus menang dalam Pilkada serentak 2020 nanti.

Dengan kemenangan akan memberikan efek domino bagi partsai terutama untuk membangun citra dan dapat mengoptimalkan program partai dan kepentingan masyarakat Sambas.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved