Corona Masuk Indonesia

Terima Reses Komisi IX DPR RI, Karolin Tegaskan Pemkab Landak Siap Penanganan Dini Virus Corona

Sesuai dengan bidang tugasnya, salah satu yang diurus Komisi IX DPR RI yaitu berkaitan dengan bidang kesehatan.

TRIBUNTRAVEL.COM/ALFON PARDOSI
Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Kalimantan Barat 1 fraksi Partai Keadilan Sejahtera H Alifudin SE MM yang melakukan reses di Kabupaten Landak pada Selasa (10/3/2020). 

LANDAK - Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa menegaskan Pemerintah Kabupaten Landak siap melakukanan penanganan dini terhadap warganya jika ada terindikasi atau terpapar virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan Bupati Landak saat menerima kunjungan kerja anggota komisi IX DPR RI Dapil Kalimantan Barat 1 fraksi Partai Keadilan Sejahtera H Alifudin SE MM yang melakukan reses di Kabupaten Landak pada Selasa (10/3/2020).

"RSUD Landak sudah siap melakukan penanganan, kami sudah mempersiapkan ruang isolasi, kemudian menyiapkan pelindung untuk tenaga kesehatan yang akan berkontak langsung dengan pasien suspect corona virus (Covid-19)," tegas Bupati Landak.

Dewan Singkawang Harap Hasil Negatif Corona Pasien di RSUD Abdul Aziz Valid

Selain itu, Bupati Landak menyampaikan sudah mengimbau seluruh Puskesmas untuk mengikuti ketentuan protokoler yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam melakukan deteksi dini dan penanganan jika ada pasien terindikasi terkena Corona virus.

"Kami sudah mengimbau seluruh puskesmas agar mengikuti protokoler yang sudah ditetapkan oleh Kementerian kesehatan dalam mendeteksi dini dan penanganan yang cepat terhadap corona virus," ujar Karolin.

Di Kabupaten Landak sendiri saat ini sudah dilakukan pengawasan terhadap dua warga yang baru pulang berkunjung dari Tiongkok.

Setelah dilakukan pengecekan Karolin menyampaikan tidak ditemukan gejala penyakit yang disebabkan virus Corona oleh oleh keduanya.

"Saat ini kita sedang berusaha untuk mengantisipasi penyebarluasan virus corona yang sudah mendunia, di kabupaten Landak kita sudah melakukan pengawasan terhadap dua orang yang baru pulang dari Tiongkok. Setelah dua minggu kita awasi termasuk kita lakukan pemberitahuan untuk melakukan isolasi dini, tetapi ternyata tidak ada gejala-gejala dan yang bersangkutan dinyatakan sehat sampai saat ini," jelas Karolin.

Dalam hal ini Bupati Landak menyampaikan pihaknya hanya sebatas melakukan penanganan dini, jika ada ditemukan pasien terinfeksi virus Corona maka akan segera melakukan rujukan pada Rumah Sakit Soedarso Pontianak sesuai prosedur.

"Mudah-mudahan tidak ada kasus, dan jika ada ditemukan akan kita rujuk ke Rumah Sakit Soedarso sesuai dengan protokoler yang ditetapkan," tambah Karolin.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved