Breaking News:

Bawaslu Bengkayang Bakal Jawab Kekhawatiran Maria Goreti

Segala bentuk potensi kerawanan dapat diantisipasi, diminimalkan dan tercegah

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Komisioner Bawaslu Bengkayang, Yopi Cahyono 

BENGKAYANG  - Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Lembaga, Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Yopi Cahyono mengungkapkan jika pihaknya segera mengambil langkah strategis menyikapi kekhawatiran Anggota DPD RI, Maria Goreti.

Walaupun memang diakuinya, Untuk di Kabupaten Bengkayang masuk pada Level 3 Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2020 dengan nilai rata-rata 47,48 point.

Untuk diketahui, IKP 2020 terdiri dari empat dimensi yakni Konteks Sosial Politik, Penyelenggaraan Pemilu yang Bebas dan Adil, Kontestasi dan Partisipasi Politik.

BREAKING NEWS - Pacar Korban Percobaan Bunuh Diri Ditetapkan Tersangka

IKP itu menggunakan teori Six Sigma sebagai dasar kategori potensi kerawanan berdasarkan tingkatan dari level 1 sampai dengan level 6. Level 3 adalah tingkat kerawanan sedang.

"Tentu untuk menjawab itu, seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bengkayang untuk bersama-sama Bawaslu mengawasi setiap tahapan Pilkada sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan atau dugaan pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang," kata Yopi, Minggu (08/03/2020).

Untuk konteks pencegahan dan pengawasan, diungkapkan Yopi, akan dilakukan pemetaan yang komprehensif terkait potensi pelanggaran dan kerawanan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang Tahun 2020.

"Segala bentuk potensi kerawanan dapat diantisipasi, diminimalkan dan tercegah," katanya.

Maka dari itu, lanjut Yopi, tentu dengan adanya IKP menjadi instrumen deteksi dini dari potensi kerawanan di Indonesia khususnya Kabupaten Bengkayang yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved