Anak Rentan Jadi Korban Seksual, Yanieta Dorong Perlunya Edukasi Seks Sejak Dini

Yanieta Abriastutie mengatakan bahwa mendongeng bisa menjadi sarana seks edukasi yang baik bagi anak usia dini.

Tribunpontianak.co.id/Ni Made Gunarsih
Yanieta Abriastutie saat di wawancara oleh media pada pembukaan Porseni PAUD Kecamatan Pontianak Tenggara didampingi Camat Pontianak Tenggara pada Sabtu (07/03/2020) pagi bertempat di Sekolah Al Azhar 21 Pontianak 

PONTIANAK - Pentingnya seks edukasi sejak dini merupakan hal yang wajib dipahami oleh setiap orang tua mengingat rentannya anak di usia muda menjadi korban kejahatan seksual dari berbagai pihak.

Tetapi menanamkan tentang seks edukasi kepada anak tidaklah mudah mengingat pemahaman yang diajarkan haruslah ringan dan tidak terlalu sulit.

Yanieta Abriastutie mengatakan bahwa mendongeng bisa menjadi sarana edukasi yang baik bagi anak usia dini.

"Seks edukasi untuk anak tentunya harus dilakukan dengan ringan dan tidak membebani fikiran anak, paling mudah dengan mendongeng. Karena dalam dongeng kita menanamkan edukasi melalui cerita yang di sampaikan sehingga anak lebih mudah memahami" ungkapnya.

Edukasi Masyarakat Melalui Pameran Kain Kafan Yesus

Lebih lanjut Yanieta menyampaikan bahwa seks edukasi harus memahami kemampuan anak mengingat edukasi yang diberikan anak membentuk karakter anak dimasa depan sebagai generasi penerus dan pemimpin negara nantinya.

Yanieta juga mengatakan dengan mendongeng untuk tidak hanya memberikan sebuah cerita tetapi juga menanamkan budaya dan pengetahuan yang luas tentang kehidupan kepada anak usia dini.

Peran orang tua menjadi dasar dari terciptanya karakter anak yang paham tentang diri sendiri dan mampu melindungi diri dari bahaya kejahatan terhadap anak.

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved