Pertamina Patra Niaga Kalimantan

Penggunaan B30 Untuk Mengurangi Ketergantungan Impor BBM

Ia mengatakan adapun yang melatarbelakangi pemerintah mengeluarkan kebijakan penggunaan B30

Penggunaan B30 Untuk Mengurangi Ketergantungan Impor BBM
Tribunpontianak.co.id/Zulkifli
Penyampaian materi pertama, dalam kegiatan Sharing Knowledge Product B30 yang digelar PT Pertamina Patra Niaga, di Aula Qubu Resort Kamis (5/3/2020) 

PONTIANAK - Eko Nurdianto selaku Quality and Quantyty (QQ), Standard and Audit PT Pertamina Patra Niaga, mengatakan bahwa Direktorat Jendral Migas telah melakukan kajian dan riset mengenai implementasi B30 sehingga bisa digunakan semua sektor.

"Kami sudah ijin kepada Dirjen Migas untuk sharing knowledge. Pertamina adalah group operator. Riset dan kajian semua dilakukan Ditjen Migas. Kami tentunya memberikan informasi yang se komprehensif mungkin. Kenapa Indonesia harus make campuran 30 persen,"ujarnya saat mengawali sesi penyampaian materi Sharing Knowledge Product B30 di Aula Qubu Resort Kamis (5/3/2020)

Ia mengatakan adapun yang melatarbelakangi pemerintah mengeluarkan kebijakan penggunaan B30 ini di antaranya adanya jarak yang besar antara target pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (BBN) dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) , dengan realisasi. Kemudian
Indonesia memiliki potensi CPO yang besar dan trend harga CPO yang turun, serta dalam rangka mengurangi ketergantungan impor BBM.

Sambutan GM Region IV Kalimantan PT Pertamina Patra Niaga Saat Membuka Sosialisasi Produk B30

"Sementara pemerintah telah mengeluarkan regulasi mempersiapkan pelaksanaan B30, UU, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, hingga peraturan atau Keputusan Menteri,
sehingga penerapan B30 menjadi sah," ujarnya

Penggunaan Bio Solar ini di Indonesia sebetulnya sudah dimulai pada 2006, namun gaungnya belum seperti saat ini hingga pemerintah pada 2020 ini mulai mengimplementasikan B30.

Jadi sudah dilakukan kajian riset dan dapat dipertangung jawabkan sehingga bisa digunakan semua sektor, seperti engine manufactur dan bisnis transportasi, dan sebagainya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved