Breaking News:

Corona Masuk Indonesia

DAFTAR Orang Dalam Pantauan Pemerintah Indonesia yang Kontak Langsung dengan 2 WNI Positif Corona

Kalau tidak ada keluhan, tidak ada yang dirasakan ya tidak ada masalah, orang ini kayak flu biasa juga, cuma ini namanya corona.

Editor: Rizky Zulham
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memberikan keterangan kepada wartawan menjelang kedatangan WNI dari natuna di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020). 

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mengontak satu-persatu orang yang kontak langsung dengan dua pasien WNI yang positif terkena virus corona.

"Melalui Dinas Kesehatan, yang namanya tracking ya seperti itu. Akan mencoba mengontak satu per satu, apa yang dirasakan, apa yang dikeluhkan," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di RSPI Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020).

Terawan menyampaikan, tidak semua orang yang kontak langsung dengan pasien positif virus corona akan tertular dengan penyakit tersebut.

Penularan penyakit endemik dari kota Wuhan, China ini tergantung pada imunitas masing-masing orang.

"Kalau tidak ada keluhan, tidak ada yang dirasakan ya tidak ada masalah, orang ini kayak flu biasa juga, cuma ini namanya corona," ucap Terawan.

Tapi orang-orang tersebut tetap akan masuk dalam daftar pemantauan pemerintah terkait penyebaran virus corona ini.

Sebelumnya diberitakan, dua WNI di Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus corona (Covid-19). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun memaparkan kronologis dua WNI itu terjangkit virus corona.

"Awalnya ada WN Jepang yang tinggal di Malaysia melakukan perjalanan ke Indonesia. Lalu, dia kembali ke Malaysia setelah beberapa hari sakit," ujar Terawan, WN Jepang tersebut kemudian diperiksa oleh tenaga medis di Malaysia.

Setelah diperiksa beberapa hari, WN Jepang tersebut dipastikan positif terjangkit virus corona. Terawan melanjutkan, tenaga medis di Malaysia memastikan bahwa WN Jepang itu terjangkit virus corona tepatnya pada pekan lalu.

Terkait Virus Corona di DKI Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan lantas melakukan pelacakan di wilayah mana saja di Indonesia WN Jepang tersebut beraktivitas.

"Kami lakukan tracking melakukan close contact dengan pasien ini. Kita tindak lanjuti, sistem di sini berjalan," ungkap Terawan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah akan Hubungi Satu per Satu Orang yang Kontak dengan 2 WNI Positif Corona"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved