Perusahaan Kopi dari Toraja Akan Bermitra dengan Pemkab Landak

Kehadiran perwakilan PT Sulotco Jaya Abadi ini disambut baik dan positif oleh Bupati Landak beserta dinas terkait.

IST/Dok.Dedybaliagung
Kunjugan perwakilan PT Sulotco Jaya Abadi ke Bupati Landak pada Kamis (27/2/2020). 

Citizen Reporter
Dedy Bali Agung

LANDAK - Bupati Landak Karolin Margret Natasa menerima kunjungan dan pemaparan program kerjasama kemitraan PT Sulotco Jaya Abadi yang berhomebase di Toraja pada Kamis (27/2/2020) siang.

Kehadiran perwakilan PT Sulotco Jaya Abadi ini disambut baik dan positif oleh Bupati Landak beserta dinas terkait.

Dalam kesempatan itu pihak perusahaan menyampaikan pemaparan rencana sistem kerja sama dengan Pemda Landak di ruang rapat Bupati.

Untuk diketahui, PT Sulotco Jaya Abadi merupakan perusahaan pemegang Hak Guna Usaha (HGU) atas tanah seluas kurang lebih 1.200 hektar peninggalan Belanda, yang menjadi lahan perkebunan kopi Arabika Toraja terbesar di Tana Toraja dan terletak di Bolokan Lembang Tiroan, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja.

PT Sulotco Jaya Abadi didirikan pada tahun 1986 dengan memegang Akta Notaris No 2 Tahun 1986. PT Sulotco adalah satu dari tujuh anak perusahan PT Kapal Api Global (KAG) yang merupakan produsen kopi kemasan Kapal Api.

PT Sulotco sendiri berencana akan bekerjasama dengan Pemda Landak untuk membuka kebun kopi dan pendampingan petani kopi, hingga pembelian hasil kebun kopi di Kabupaten Landak.

Bupati dan Forkopimda Sambut Kunjungan Kapolda Kalbar ke Sekadau

Pada tahap awal, kopi jenis Robusta akan coba dubudidayakan di daerah Kumpang Tengah, Kecamatan Sebangki. Tidak menutup kemungkinan akan dibuka kebun kopi di beberapa wilayah di Kabupaten Landak.

Dalam paparan ini, hadir perwakilan dari PT.l Sulotco Jaya Abadi, Senior Direktur Samuel Karundeng yang sudah menggeluti kopi di Kapal Api sekitar 40 tahun.

Kemudian 2 orang dari bagiam Research & Development Ita Purwanti dan Agnes Hoki, beserta 2 tim lapangan yang juga sudah mengeluti dunia kopi selama 31 tahun, Julius dan Paulus.

Pada paparan kali ini turut hadir Dinas Pertanian dan Perkebunan, para Kades dan Para Camat, diantaranya kades Kumpang Tengah Martius SE, Kades Agak F Agen, Kades Raba Suparda, Kades Sebangki Aren Pagea, Camat Menjalin Hendry, Camat Sebangki YF Surifin, Kadis perkebunan Alpius, Bappeda Julimus, Dinas pertanian perikanan dan Ketahanan Pangan.

Samuel Karendeng dihadapan Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampaikan bahwa Kabupaten Landak sangat besar potensinya untuk dikembangkan budidaya kopi.

"Apalagi kami telah melakukan survey beberapa kali di Kabupqten Landak ini, alam dan tanahnya sangat mendukung. Besar harapan kami dari PT Sulotco Jaya Abadi, agar Kabupaten Landak bisa menjadi sentra produksi kopi Robusta terbesar di Indonesia, yang selama ini di pegang wilayah Lampung," ujarnya.

Disela-sela paparan para tamu yang hadir disuguhkan kopi produksi Kapal Api, dan secara simbolis pihak PT Kapal Api Global memberikan sample produksi kopi kepada Bupati Landak.

Terima kasih atas kehadiran Tim PT Sulotco Jaya Abadi ke Kabupaten Landak, kami prinsipnya siap bekerjasama dalam pengembangan budidaya kopi di sini," ucap Karolin Margret Natasa. (*/alf)

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved