Cegah Karhutla, Kodim Pontianak Gelar Apel Relawan Satgas 

Jadi, apabila di wilayahnya masing-masing terjadibencana atau kebakaran hutan dan lahan,

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HADI SUDIRMANSYAH
Suasana Apel satgas karhutla huma betang yang di selanggarakan Kodim 1207/Bs Pontianak, Jumat (28/2/2020). 

PONTIANAK - Kodim 1207/BS Pontianak mengelar apel gelar relawan satgas karhutla huma betang untuk wilayah teritorial Kodim 1207/BS, yakni melibatkan unsur Pemerintah dan Polri kota Pontianak dan Kubu Raya, Jumat (28/2/2020) pagi.

Tampak sejumlah aparat pemerintahan dari Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak serta Polresta Pontianak dan Polres Kubu Raya hadir dalam apel yang di laksanakan di Markas kodim 1207/BS Pontianak

Tak hanya itu, sejumlah pihak terkait dari mangga agni dan perwakilan petugas damkar, satpol PP dan BPBD yang a‎da di kubu raya dan kota Pontianak turut mengikuti upacara tersebut.

Dalam amanat komandan Kodim 1207/Bs Pontianak Kol Arm Stefie Jantje Nuhujanan menuturkan dilaksanakan Apel gelar Relawan Satgas Karhutla Huma Betang Jajaran Kodim 1207/BS ini merupakan dalam upaya penanggulangan Karhutla di wilayah dengan membentuk satgas relawan Karhutla Huma Betang di tiap-tiap Koramil jajaran Kodim 1207/BS.

Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla, Sujiwo: Tanggungjawab Bersama

"Satgas Relawan ini dibentuk sebagai tindaklanjut dari Program Pangdam XII/Tanjungpura yang diselaraskan dengan Program Gubernur Prov. Kalimantan Barat yaitu Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa," ujar Stefie Jantje Nuhujanan.

Dikatakanya lagi,"bahwa Program “Desa Mandiri MenujuLangit Biru di Bumi Khatulistiwa” merupakan tindak lanjut Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang tugas TNI dalam mengemban tugasOperasi Militer Selain Perang (OMSP), yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah dan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, danpemberian bantuan kemanusiaan, serta pada salah satu point 8 (delapan) Wajib TNI, kita dituntut untuk dapat menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya."katanya dalam apel tersebut

Lanjutnya, Selain itu, sesuai Peraturan Kasad nomor 37 tahun 2018, bahwa kita secara terus menerus melanjutkan peningkatan kualitas Serbuan Teritorial dalam rangka mendukung kebijakan Presiden RI, melalui program dan kegiatan yang sinergi dengan Pemda, Kementerian terkait, Mabes TNI dan Angkatan serta lembaga lainuntuk penanggulangan bencana alam di seluruh wilayah tanah air.

Dan kedepannya, Kodim 1207/BS akan selalu memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan dengan aparat pemerintah Kota maupun Kabupaten dan komponen masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara, mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung tercapainya tugas pokok Kodam XII/Tpr khususnya Kodim 1207/BS, program “Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa”.

 Stefie Jantje Nuhujanan menjelaskan hal ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dari Prajurit TNI AD akan terjadinya bencana kabut asap yang disebabkan oleh Karhutla dan kerap terjadi setiap tahunnya di Kalimantan Barat.


"Maka, Program tersebut diberi nama “Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa” dimaksudkan sebagai harapan dan doa kita semua, agarke depan Provinsi Kalimantan Baratpada umumnya danKabupaten Kubu Raya serta Kota Pontianakpadakhususnya, kehidupan masyarakat di daerah semakinmeningkat kesejahteraannya serta selalu dapatmemandangbirunya langit tanpa harus ditutupi oleh kabut asap akibat Karhutla,"tutur  Stefie Jantje Nuhujanan.

 Stefie Jantje Nuhujanan menuturkan satgas Relawan yang sudah terbentuk ini, pada tahap pelaksanaannya di lapangan sebagai leading sektor tetap mengandalkan 3 pilar desa, yaitu : Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas yang sejauh ini sudah tergelar di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.

Di pundak mereka percepatan dan peningkatan pembangunan DesaMandiri akan dilaksanakan. Selama ini sudah banyak pencapaian dan solusi dalam meningkatkan kesejahteraan, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta jalannya roda pemerintahan desa dan kelurahan melalui 3 pilar tersebut.

Halaman
12
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved