Yusran Nyatakan Gerakan Literasi Membacakan Strategis Sambut Bonus Demografi

Bonus demografi adalah suatu keadaan di mana tenaga kerja produktif berjumlah cukup banyak

Yusran Nyatakan Gerakan Literasi Membacakan Strategis Sambut Bonus Demografi
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya,Yusran Anizam menyampaikan kata sambutan dan arahannya saat event senam sehat dan jalan santai yang digelar Pemkab Kubu Raya dalam rangka HUT Korpri ke-48, di halaman kantor bupati Kubu Raya, Jumat (6/12/2019). 

KUBU RAYA - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam menyatakan gerakan membacakan sangat strategis dalam menyambut bonus demografi yang di Kubu Raya telah dimulai pada 2020 dan mencapai puncaknya di 2030.

Bonus demografi adalah suatu keadaan di mana tenaga kerja produktif berjumlah cukup banyak.

Sehingga terjadi persaingan ketat terkait lapangan pekerjaan.

"Makanya pendidikan karakter ini suatu keharusan. Supaya nanti mereka bisa bersaing. Terbiasa berinovasi dan kreatif. Dengan inovasi ini kita mempersiapkan generasi kita untuk bersaing," ungkapnya.

Hal tersebut, seiring terbitnya Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2020 tentang Gerakan Membacakan, di mana peserta didik kelas 4, 5, 6 Sekolah Dasar dan 7, 8, 9 Sekolah Menengah Pertama menjadi sasaran mulai menerapkan inovasi literasi gerakan membacakan.

Yusran: Kubu Raya Darurat Penyalahgunaan Narkoba

Gerakan inovasi literasi bertujuan membangun karakter dan kemampuan literasi pada peserta didik.

"Penerapan kegiatan gerakan membacakan di sekolah-sekolah di Kabupaten Kubu Raya mempunyai multiefek. Karena banyak keuntungan yang didapat dalam satu aktivitas," jelasnya.

Selain menumbuhkan minat baca, gerakan membacakan dapat membangun rasa percaya diri, mengembangkan dasar relasi hubungan sosial, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak.

Menurut Yusran, gerakan ini bisa membentuk karakter dan kemampuan literasi peserta didik. Termasuk memotivasi masyarakat Indonesia yang selama ini indeks membacanya masih jauh di bawah standar.

Inovasi ini diinisiasi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang diluncurkan secara resmi di Kantor Bupati Kubu Raya,pada Kamis (30/1) lalu.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved