Wibowo: Puskesmas Perumnas II Pantau Kesehatan Balita Melalui Posyandu

Balita yang datang ke posyandu kita lakukan screaning kesehatan dan kita lihat grafik pertumbuhan

Wibowo: Puskesmas Perumnas II Pantau Kesehatan Balita Melalui Posyandu
Ilustrasi
Logo Puskesmas 

PONTIANAK - Kepala Puskesmas Perumnas II, Pandu Wibowo mengatakan pihaknya secara kontinu memantau jumlah kunjungan bayi dan balita di tiap-tiap Posyandu di bawah binaan Puskesmas dalam kaitan pencegahan terjadinya gizi kurang atau stunting.

Terdapat petugas puskesmas yang selalu memantau di antaranya tenaga dokter, bidan, tenaga gizi dan perawat setiap bulan datang ke posyandu untuk turut memberikan pelayanan.

"Balita yang datang ke posyandu kita lakukan screaning kesehatan dan kita lihat grafik pertumbuhan. Jika grafiknya baik atau ada kesesuaian antara tinggi dan berat badan dengan usia," ujar Pandu Wibowo, Kamis (27/2/2020)

"Didalam buku KIA itu kan ada standarnya yang sudah lengkap. Harusnya pertumbuhan itu ada di yang hijau. Kalau hijau masih sesuai pertumbuhanya," imbuh Pandu Wibowo.

Pemkab Ketapang akan Bangun 3 Puskesmas Tahun 2020, Ini Wilayahnya

Ia menerangkan jika didalam grafik KIA pertumbuhan balita itu berada di warna kuning, hal itu akan menjadi warning bagi petugas dan orangtua agar balita tersebut tidak sampai ke grafik berwarna merah.

"Kalau sudah ada digaris merah atau dibawah garis merah itu harus kita Intervensi dan diberikan penanganan peningkatan asupan gizi," ujar Pandu Wibowo.

Satu di antara bentuk intervensinya adalah layanan kunjungan rumah, pemberian tambahan dan lain sebagainya.

"Puskesmas itu sudah suport untuk program PMT," ujarnya.

Pandu memaparkan dari 17 posyandu balita yang ada, pihaknya secara kontinu memantau seluruh pengunjung di tiap posyandu.

"Kalau yang tak datang posyandupun akan kita lakukan kunjungan rumah. Misalnya kita punya sasaran 100 balita. Tapi yang datang hanya 80, sisanya itu akan kita lakukan kunjungan rumah," ujar.

Hal tersebut dilakukan agar seluruh balita mengikuti layanan kesehatan yang diselenggarakan puskesmas maupun posyandu.

"Balitanya tetap akan kita pantau, sudah imunisasi apa belum, sudah dapat vitamin A atau belum dan layanan kesehatan lainya," ujarnya. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved