Kadis PMD Sekadau Sebut Program Langit Biru Indikator Terciptanya Desa Mandiri

Bayu menyebut saat ini yang harus dilakukan sebelum menjalankan program langit biru adalah memetakan daerah

Kadis PMD Sekadau Sebut Program Langit Biru Indikator Terciptanya Desa Mandiri
Tribunpontianak.co.id/Marpina Sindika Wulandari
Danramil 15/SKD Kapten Inf Laston Simare Mare saat memberikan sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di aula kantor Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (27/2/2020) 

SEKADAU - Kepala Dinas PMD Sekadau, Bayu Dwiharsono menyebut Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa merupakan pemenuhan terhadap salah satu indikator tercapainya desa mandiri oleh TNI.

TNI merupakan satu dari 3 pilar yang menuju desa Mandiri.

"Dengan adanya program desa mandiri menuju langit biru, harapannya dengan program tersebut karhutla yang terjadi selama ini dapat berangsur-angsur berkurang dan terlihatlah langit biru tanpa ditutupi kabut asap," kata Kadis PMD Sekadau

Bayu menyebut saat ini yang harus dilakukan sebelum menjalankan program langit biru adalah memetakan daerah rawan karhutla di Kabupaten Sekadau

"Memetakan dulu nanti daerah mana yg punya potensi kebakaran hutan, setelah itu intervensi nya ke wilayah itu. Kita berikan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan, semacam latihan dan pengadaan alat-alat pemadam kebakaran," kata Bayu.

Koramil 1204-15/Sekadau Hilir Gelar Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru

Kadis PMD Sekadau itu menjelaskan untuk menerapkan program tersebut, tidak harus pada desa mandiri saja

Tetapi desa manapun yang masuk dalam peta rawan karhutla harus menjadi prioritas program tersebut.

"Yang jelas desa yang termasuk desa rawan karhutla, itu saja kita gencarkan. Penyadaran masyarakat, terkait resiko dan upaya pencegahan karhutla," tambahnya.

Sementara untuk jumlah desa Mandiri di Kabupaten Sekadau Bayu menyebut ada 4 desa, diantaranya Desa Sungai ringin, Desa Mungguk, Desa Nanga taman dan Desa Nanga mahap

Sedangkan Desa maju terdapat 6 Desa, yakni Desa Tapang pulau, Desa Nanga Kiungkang, Desa Nanga Mentukak, Desa Pantok, Desa Gonis Tekam, dan Desa Rawak Hilir.

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved