Buka Penilaian Lomba Desa di Sungai Ayak, Wabup Sebut Menang dan Kalah Bukanlah Akhir Segalanya

Dalam laporannya Kepala Desa Jumadi menuturkan rasa bahagia dan bangsa dari masyarakat desa Sungai ayak 2

Buka Penilaian Lomba Desa di Sungai Ayak, Wabup Sebut Menang dan Kalah Bukanlah Akhir Segalanya
IST/Dok.Humas Pemda Sekadau
Wakil Bupati Sekadau Aloysius saat menyalami panitia penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau di Desa Sungai Ayak 2, Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau, Rabu (26/2/2020) 

SEKADAU - Wakil Bupati Sekadau Aloysius, membuka penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau tahun 2020 di Aula Kantor Desa Sungai Ayak 2 Kecamatan Belitang Hilir, Rabu, (26/02/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti, beberapa perwakilan Kepala Dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Sekadau, Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau, Forkompimka Belitang Hilir, Kepala Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama,Tokoh Adat serta Masyarakat .

Dalam laporannya Kepala Desa Jumadi menuturkan rasa bahagia dan bangsa dari masyarakat desa Sungai ayak 2 yang dijadikan pusat lomba desa kedua se-Kabupaten Sekadau.

"Tahun ini saya berharap agar bisa mendapatkan juara harap. Kami mohon, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau khususnya Pak Wakil Bupati Sekadau bersama Stakeholder terkait agar selalu peduli dan membangun pembangunan di wilayah kami di Kecamatan Belitang Hilir, agar masyarakat kami bisa sejahtera , makmur, maju, mandiri dan berdaya saing sekarang,” tegasnya.

Desa Maboh Permai Wakili Kecamatan Belitang Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Sementara itu Camat Belitang Hilir Sekresno Benyamin, mengajak masyarakat agar mampu menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik.

Ia berharap, Desa sungai ayak 2 dapat meraih prestasi terbaik dalam Penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten Sekadau tahun 2020.

Kegiatan penilaian lomba desa tersebut bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa untuk mengevaluasi, menilai, dan mendorong pemerintah Sekadau guna mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya.

"Semua yang akan mewakili desa dinilai oleh Tim penilai dari instansi terkait dan nanti hanya satu yang diambil untuk mewakili Kabupaten Sekadau di tingkat propinsi Kalimantan barat," Ucap Sukresno

Senada dengan hal itu Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, mengatakan rangkaian kegiatan lomba desa yang laksanakan merupakan salah satu upaya mewujudkan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015.

Disamping itu penilaian lomba desa juga sebagai sarana untuk memantau serta memonitoring perkembangan status kemajuan dan kemandirian desa di Kabupaten Sekadau

Dimana hal ini juga sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 tahun 2016 tentang indeks desa membangun.

"Dalam setiap ajang perlombaan tentu kita semua berharap untuk dapat meraih prestasi, namun perlu kita sadari bahwa juara bukanlah satu-satunya tujuan dari perlombaan. Yang terpenting dari hal itu adalah bagaimana keberlanjutan program ini dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat sehari-hari," kata Wakil Bupati Sekadau

Wakil Bupati juga meminta semua OPD di Kabupaten Sekadau agar saling bekerjasama dalam mendukung pembangunan di kabupaten sekadau.

Selain fokus pada pembangunan fisik, Pemkab Sekadau juga memprioritaskan pada peningkatan SDM dan meningkatkan peradaban, harkat, dan martabat masyarakatnya.

"Kami mengharapkan support dari semua stakeholder, sehingga upaya membangun dan peningkatan adat budaya agar selalu terwujud. Gunakan dana desa dan ADD sebaik-baiknya untuk kemajuan masyarakat dan Desa Sei Ayak 2," ucap Aloysius. (Marpina Sindika Wulandari)

Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved