Bhabinkamtibmas Lakukan Giat Problem Solving untuk Cipkon Kamtibmas di Tengah Masyarakat

Seperti Bhabinkamtibmas Polsek Lumar turut menghadiri pertemuan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat

Bhabinkamtibmas Lakukan Giat Problem Solving untuk Cipkon Kamtibmas di Tengah Masyarakat
IST/Dok.Polsek Lumar
‎Bhabinkamtibmas Polsek Lumar turut menghadiri mediasi dalam rangka Problem Solving di rumah kepala adat Dusun Mabak Desa Tiga berkat kec Lumar. 

Citizen Reporter
Brigpol Hendri Jamal SH
Bhabinkamtibmas Polsek Lumar

BENGKAYANG - Hadir di tengah masyarakat, terutama di saat di laksanakannya mediasi penyelesaian permasalahan yang ada di masyarakat itu sudah menjadi tugas pokok seorang kepolisian yang mendapat tugas amanah sebagai- Bhabinkamtibmas.

Seperti Bhabinkamtibmas Polsek Lumar turut menghadiri pertemuan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang melaksanakan mediasi permasalahan warga Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, pada selasa (25/02/2020) kemarin di rumah Kepala Adat Dusun Mabak Desa Tiga Berkat Kec. Lumar.

Di ketahui proses mediasi yakni permasalahan perbuatan tindak asusila yang di lakukan oleh dua oknum warga yakni YN (35) warga Dusun Belatik Kec. Ledo dengan EN (25) warga Dusun Mabak Desa Tiga Berkat Kec. Lumar.

Saat itulah, seorang Bhabinkamtibmas melaksanakan giat problem solving dengan tujuan agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan antara pihak yang bermasalah dengan kesepakatan dan membuat surat pernyataan di hadiri pelaku, korban serta keluarga yang bersangkutan dan disaksikan oleh Ketua RT, Sekdes, tokoh masyarakat maupun warga.

Polsek Lumar Apresiasi Proses Demokrasi Pilkades Desa Lamolda Berjalan Tertib‎ hingga Sertijab

Pada saat kegiatan musyawarah penyelesaian perkara tersebut masing-masing pihak terbukti dan mengakui melakukan tindakan asusila, atas tindakan tersebut masing-masing pihak dikenakan sanksi adat Dusun Mabak Desa Tiga Berkat dan dibuat berita acara serta dibuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya kembali.

Sanksi adat yang dikenalkan kepada YN (35) dan EN (25) dibayar secara tunai dan lunas, pernyataan kedua belah pihak bahwa masing-masing pihak tidak diperbolehkan berhubungan/bertemu dan jika terjadi kembali maka akan diberikan sanksi untuk kedua-duanya.

Namun pada kesempatan yang sama dari Bhabinkamtibmas Desa Tiga Berkat turut memberikan imbauan Kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, kemitraan. Dengan adanya kegiatan problem solving ini permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak.

Kegiatan mediasi tersebut berakhir dengan penandatanganan berita acara dan surat pernyataan antara kedua belah pihak yang berjanji untuk tidak akan melakukan perbuatannya tersebut kembali.‎

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved