Arab Saudi Tutup Pintu Umroh Sementara Akibat Corona, Jamaah di Pontianak Terancam Gagal Berangkat

Hal inipun menimbulkan dampak yang luar biasa bagi negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim

PONTIANAK - Untuk mencegah masuknya virus Corona, Pemerintah Arab Saudi secara resmi menutup sementara pelaksanaan ibadah Umroh dinegaranya, Kamis (27/2/2020).

Hal inipun menimbulkan dampak yang luar biasa bagi negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim, seperti Indonesia yang setiap harinya terdapat ribuan orang menuju Arab Saudi untuk menjalankan ibadah umroh.

Akhmad Kholil Ketua DPD AMPHURI (Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia) Kalbar, yang juga pemilik travel umroh dan haji Muzdalifah Pontianak mengatakan bahwa akibat penutupan sementara ini pihaknya pun mengalami kerugian, sebanyak 90 jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh melalui travel nya terancam gagal berangkat.

"Ini tentunya imbasnya kepada semua travel yang ada di seluruh dunia, terutama Indonesia yang mendatangkan ribuan jamaah untuk melaksanakan ibadah Umroh,"ungkapnya.

Atas hal penutupan tersebut pihaknya masih menunggu Informasi hingga berapa lama penutupan ini dilakukan.

WASPADA, Orang Terinfeksi Virus Corona Semakin Sulit Dideteksi, Menularkan Tanpa Gejala

"Mungkin kita akan mereschedule kembali jadwal kebetangkatan, sambil menunggu situasi yang kondusif dan pemerintah Arab Saudi memberikan Lampu hijau untuk bisa masuk, baru kita re schedule keberangkatan," katanya.

"Khusus untuk jemaah dari travel saya yang akan berangkat pada tanggal 8 Maret 2020, inikan waktunya masih 10 hari lagi, kita lihat apakah itu waktunya re Schedule atau tidak tergantung dari informasi teman - teman dari AMPHURI, karena AMPHURI adalah asosiasi yang sebagai orang tua kita, Kita menanti info terkini dari beliau, Apabila itu nanti jadwalnya di re schedule, kami mengikuti saja,"paparnya.

Iapun menghimbau kepada seluruh jamaahnya, agar tidak khawatir, pihaknya berjanji akan tetap memberangkatkan seluruh jamaah bila pihak pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali jalur umroh kenegaranya.

Pengumuman tersebut diterbitkan untuk mencegah penyebaran wabah corona virus atau COVID-19 yang belakangan meluas hingga ke Timur Tengah dan untuk mencegah wabah masuk ke wilayah kerajaan.

Lewat cuitan Kementerian luar negeri (Kemlu) Arab Saudi berbahasa Inggis, Rabu (26/2/2020), di twitter diterangkan visa turis dari negara dimana COVID-19 tengah merebak, sementara waktu ditangguhkan.

Halaman
123
Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved