Warga Binaan Garap Lahan 6.162 Meter Persegi, Rutan Putussibau Gelar Panen Raya Padi 

Kegiatan ini salah satu langkah mensukseskan program nasional yaitu kedaulatan panggang nasional sesuai dengan program Presiden RI Joko Widodo.

PONTIANAK - Petugas dan warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Putussibau melaksanakan panen raya padi, Selasa (25/2/2020).

Padi yang dipanen tersebut ditanam warga binaan.

Pada panen raya tersebut, hadir Karutan Putussibau Rio Mulyadi Sitorus, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Panggan Kapuas Hulu, Abdul Samad, warga binaan dan petugas atau pejabat Rutan Putussibau itu sendiri.

Karutan Klas II B Putussibau Rio Mulyadi Sitorus menyatakan, lahan yang ditanamkan padi oleh warga binaan Rutan seluas 6.162 meter persegi.

Tiga Warga Binaan Rutan Putussibau Bangga Bisa Kelola Lahan untuk Bercocok Tanam

"Kegiatan ini berlangsung sejak tahun 2018. Tapi waktu itu, kami tanam jagung namun gagal," ujarnya.

Pada tahun 2019, Rutan Putussibau mencoba menanamkan padi, akhirnya berhasil hingga dipanen raya.

"Jadi program ini merupakan proses pembinaan bagi warga binaan, dimana bukan hanya proses penahanan, agar bermanfaat bagi mereka ketika bebas nanti," ucapnya.

Rio menjelaskan, kalau lahan digunakan pihaknya adalah milik warga setempat.

"Pasti kami mengucapkan terima kepada warga, yang telah meminjamkan lahan untuk kami juga mengapresiasi bagi kawan-kawan di sini, karena telah terlebih dahulu melakukannya, hingga saat ini sudah panen," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Panggan Kapuas Hulu, Abdul Samad, menyatakan, kalau pihaknya sangat mengapresiasi program Rutan Klas IIB Putussibau.

Halaman
123
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved