Jika Ibu Kota Negara Pindah Kalimantan Tuntas, Pemerintah Janji Ciptakan 3 Juta Lapangan Kerja Baru

Menurut Soeharso, penyediaan lapangan kerja ini juga merupakan salah satu strategi untuk menarik minat masyarakat untuk tinggal.

KOMPAS.com/Ihsanuddin
IBU Kota Negara Pindah ke Kalimantan, Pemerintah Janji Ciptakan 3 Juta Lapangan Kerja Baru / ILUSTRASI - KUNJUNGAN PRESIDEN JOKO WIDODO KE LOKASI IKN BARU 

PEMERINTAH menjanjikan akan tercipta tiga juta lapangan kerja baru jika proses transisi alias kepindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan rampung. 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( Bappenas) Suharso Monoarfa

Ia menyebut, pemerintah sejauh ini akan berupaya menyediakan lapangan kerja di ibu kota baru yang berlokasi di  di Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur itu. 

Tak tanggung-tanggung, dirinya menargetkan akan ada tiga juta lapangan pekerjaan untuk masyarakat setelah ibu kota baru RI selesai dibangun.  

Dua Menteri Koreksi Presiden Perihal UU Ibu Kota Baru, Jokowi Akhirnya Ralat Pernyataan

"Kita akan menciptakan berbagai lapangan pekerjaan baru sampai kira-kira sekitar 3 jutaan lapangan pekerjaan baru," kata Soeharso usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dia menjelaskan, nantinya lapangan pekerjaan tersebut berada dalam sektor ramah lingkungan.

Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's).

"Dengan tersedianya lapangan pekerjaan ini, masyarakat di sana nanti akan tinggal dengan tingkat kesejahteraan yang mencukupi," ungkap Soeharso. 

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020)
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/2/2020) (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Ihsanuddin via KOMPAS.com)

Menurut Soeharso, penyediaan lapangan kerja ini juga merupakan salah satu strategi untuk menarik minat masyarakat untuk tinggal.

Untuk menarik minat masyarakat, pemerintah juga berencana untuk menempatkan universitas-univesitas terkemuka di Indonesia.

Halaman
123
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved