JADI Sejarah, Liga Sepak Bola Putri di Arab Saudi Digulirkan Perdana | Skema Kompetisi Hingga Hadiah

Pangeran Khaled bin Alwaleed bin Talal Al Saud, mengungkapkan liga sepak bola putri adalah permulaan untuk langkah besar demi masa depan Arab Saudi

SEPAK BOLA bukanlah dunia biasa bagi para wanita di Arab Saudi

Tapi kali ini, sejarah tercipta di Arab Saudi di mana liga sepak bola putri diluncurkan untuk pertama kalinya di negara berjuluk Negeri "Petrodollar" itu.

Peluncuran liga sepak bola khusus wanita itu sendiri digelar pada Selasa (25/2/2020) lalu.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir dari AFP, musim pertama di liga sepak bola putri Arab Saudi berhadiah total 500 ribu riyal (setara dengan Rp1,86 miliar).

Sementara itu, usia pesertanya harus di atas 17 tahun.

Untuk penyelenggaraannya, Federasi Olahraga Arab Saudi mengatakan kompetisi ini dihelat di Jeddah, Riyadh, dan Dammam. 

Putri Kerajaan Arab Saudi Tertipu Pembangunan Villa di Bali, Princess Lolowah Rugi Rp 512 Miliar

"Peluncuran (liga) ini untuk mendukung partisipasi perempuan di olahraga dalam tingkat komunitas, dan meningkatkan pengakuan untuk prestasi mereka di bidang olahraga," ucap federasi.

Presiden Federasi Olahraga Arab Saudi, Pangeran Khaled bin Alwaleed bin Talal Al Saud, mengungkapkan liga sepak bola putri adalah permulaan untuk langkah besar demi masa depan negara.

"Ini (liga sepak bola putri) adalah langkah besar demi masa depan negara, kesehatan kita, generasi muda kita, dan ambisi kita untuk mendorong para atlet mencapai kemampuan terbaiknya," ucapnya dikutip dari Kompas.com yang melasnir dari CNN, Senin (24/2/2020).

Adanya liga sepak bola putri ini juga menandai era baru perempuan dalam bidang olahraga, di negara pimpinan Raja Salman tersebut.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved