Data Akurat Jadi Sumber Pemerintah Lebih Kuat Jalankan Program dan Kebijakan

Sehingga sangat penting untuk dapat memiliki data kependudukan yang akurat dan memiliki satu sumber data kependudukan.

Tribunpontianak.co.id/Adelbertus Cahyono
Bupati Kayong Utara, Citra Duani bertukar cendera mata dengan Kepala BPS Kayong Utara, Duaksa Aritonang di Istana Rakyat, Sukadana, Senin (24/2/2020). 

KAYONG UTARA - Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

Sehingga sangat penting untuk dapat memiliki data kependudukan yang akurat dan memiliki satu sumber data kependudukan.

Dengan begitu, pemerintah lebih kuat dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan.

Hal ini diungkapkan Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk (SP2020) di Istana Rakyat (Pendopo Bupati), Senin (24/2/2020).

Citra mengatakan, perencanan yang baik harus didukung dengan data yang baik dan valid sehingga pembangunan akan menjadi lebih tepat sasaran.

Pemkab Ketapang Lakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Universitas Indonesia

"Pembangunan yang baik berawal dari perencanaan yang baik pula dan perencanaan yang baik harus didukung oleh data yang baik dan valid karena kebutuhan data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan, sehingga dengan demikian perencanaan pembangunan akan menjadi lebih tepat sasaran," ucap Bupati.

Terkait dengan hal ini, Citra berharap kepada peserta Rakor Sensus Penduduk 2020 agar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 tersebut.

"Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan Rakor SP 2020 ini, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar mendukung pelaksanaan hajatan besar bangsa ini dan dapat berpartisipasi dalam mensukseskan SP 2020 baik sensus penduduk online maupun sensus penduduk wawancara sehingga tidak ada lagi masyarakat Kayong Utara yang tidak tercatat datanya," harap Citra.

Selanjutnya Bupati Citra juga mengintruksikan kepada seluruh OPD Kayong Utara agar turut berpartisipasi aktif dalam mengisi Sensus Penduduk 2020.

"Demi suksesnya SP2020 yaitu Sensus Penduduk Online yang diselenggarakan oleh BPS, maka saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD Kayong Utara beserta jajarannya untuk berpartisipasi aktif dalam mengisi Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini," ujar Citra.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Kayong Utara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kayong Utara, Pabung Kodim Ketapang, Polres Kayong Utara, Kepala BPS Kayong Utara, beberapa Kepala OPD serta diikuti oleh Camat Se-Kabupaten Kayong Utara.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved