Tahap I Penyaluran Dana Desa Tahun 2020 Baru Tersalurkan ke-38 Desa di Kalbar

Selain itu membahas terkait dengan penyaluran dana desa dan pemanfaatan dana desa di Kalbar tahun 2020.

Tahap I Penyaluran Dana Desa Tahun 2020 Baru Tersalurkan ke-38 Desa di Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalbar Aminuddin saat ditemui di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin (24/2/2020). 

PONTIANAK - Dana Desa Tahap I tahun 2020 sebesar 40 persen disalurkan paling cepat Januari hingga Juni.

Di Kalbar sendiri sampai pada Februari 2020 dana desa yang sudah tersalurkan dari seluruh desa di Kalbar baru sekitar 38 Desa di Kabupaten Kubu Raya dengan besaran dana yang dikucurkan sebesar 15.1 Miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalbar Aminuddin mengatakan besok akan diadakan rapat dan mengundang perwakilan 138 kepala desa yang desanya dicanangkan untuk ditingkatkan menjadi desa mandiri ditahun 2020.

Selain itu membahas terkait dengan penyaluran dana desa dan pemanfaatan dana desa di Kalbar tahun 2020.

Tercepat Salurkan Dana Desa Sistem Non Tunai, Menteri Desa Apresiasi Kabupaten Kubu Raya

“Desa yang akan naik status menjadi desa mandiri itu berdasarkan rencana bupati yang sudah menjadi sasaran menjadi desa mandiri dari 12 Kabupaten,” ujarnya, Senin (24/2/2020).

Ia mengatakan tahun ini Desa yang tercepat dalam penyaluran dana desa di Kubu Raya begitu mulai langsung jalan dan akan menyusul Sambas dan kabupaten lainnya.

Ia mengatakan penyaluran Dana Desa terbagi menjadi 3 tahap yakni tahap I sebesar 40 persen, Tahap II 40 Persen dan Tahap III 20 persen, serta ada perubahan tahun 2020 dana desa langsung di transfer ke rekening desa.

Dana desa di Kalbar tahun 2020 meningkat menjadi 2,04 T untuk disalurkan ke 2031 desa. Setiap dana desa yang diterima oleh tiap desa akan berbeda dan ada hitungannya.

Maka tahun ini penting diadakan rapat untuk sistem perhitungan penyaluran dana desa.

Kemaren sempat jadi pertanyaan kenapa desa yang sudah meningkat statusnya menjadi desa mandiri dana desa yang diterima malah menurun

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved